NewsMetro

Senang dengan Lukisan? Yuk Join di Pameran Seni Rupa di IAIN Kendari

239
×

Senang dengan Lukisan? Yuk Join di Pameran Seni Rupa di IAIN Kendari

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Sudah pernah dengar pameran rupa? Atau gemar dengan lukisan? Kini Perupa Kendari berkolaborasi bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menyelenggarakan Art Exhibition bertajuk pameran seni rupa.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Simbiosis mutualisme, bakal berlangsung di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai 2 IAIN Kendari dan halaman sekretariat UKM-Seni IAIN Kendari, Selasa sampai Kamis, 5 – 7 maret 2024.

Pada Art Exhibition ini, bakal di pamerkan lukisan berbagai genre. Tak hanya itu, para peserta kegiatan dan tamu undangan juga bakal dihibur oleh penampilan dari berbagai lembaga-lembaga kesenian, yang ada di kota kendari, seperti tarian, hingga musik akustik pun full band.

Kegiatan Art Exhibition ini bakal memanjakan mata para pengunjung dan peserta dengan berbagi lukisan yang dipamerkan oleh para pelukis ternama di kota Kendari, salah satunya lukisan Eko Widakdo yang bertemakan suarialis.

Ikbal Saidin Akbar, selaku perupa kendari mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi, edukasi, dan ajakan untuk para perupa Kota Kendari agar menghadirkan karya terbaiknya. Kegiatan ini juga bakal memberikan suguhan terbaik dibidang seni rupa.

“Sifat dasar kita berkolaborasi untuk saling menguatkan simpul-simpul lebih kuat serta bisa saling bergandeng tangan dan berbuat yang terbaik untuk salah satu bidang seni khususnya bidang seni rupa,” katanya.

Pria yang juga akrab di sapa Iki ini, juga mengatakan kegiatan Art Exhibition melibatkan belasan perupa kota Kendari yang memamerkan hasil karya terbaiknya.

“Totalnya ada 16 perupa yang sudah terkonfirmasi oleh kami dan sudah mengumpulkan karya-karyanya. Ada berbagai macam aliran, ada abstrak, realis, dan instalasi dan lainnya”, lanjutnya.

Olehnya ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan minat perupa kota Kendari agar selalu eksis. Melalui Art Exhibition ini ada keberlanjutan karya terbaik, dan pemerintah juga bisa menghadirkan galeri rupa di Kota Kendari.

“harapanya pemerintah kota Kendari bisa enghadirkan galeri seni rupa,” harapnya.

Senada dengan itu, Samurni selaku Kepala Bidang (Kabid) Seni Rupa UKM Seni IAIN Kendari, mengatakan kegiatan ini kolaborasi dengan perupa Kendari untuk saling bergandeng tangan dan berbuat bersama-sama dalam mendorong peningkatan kesenian dibidang seni rupa.

“Kegiatan kolaborasi ini bisa saling bergandeng tangan dan bekerja sama- sama serta memberikan ruang aspirasi perupa untuk memamerkan hasil karya terbaiknyanya, hal ini bisa mendorong peningkatan kesenian khususnya di bidang seni rupa,” katanya.

Samurni berharap dalam kegiatan ini yang berkolaborasi dengan perupa kendari keinginan kita dapat terwujud.

“harapan nya di kegiatan ini apa yang menjadi tujuan kita dalam mendorong peningkatan kesenian utama nya dibidang seni rupa dapat terwujud,” pungkasnya. *(ST).

 

Editor:NZ