NewsHeadline

Pj Gubernur Sultra Berkeliling Sambangi TPS

68
×

Pj Gubernur Sultra Berkeliling Sambangi TPS

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, berkeliling menyambangi sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kendari dalam Pemilihan Umum Pilpres dan Pilcaleg, pada Rabu (14/2/2024).

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Forkopimda TK I Provinsi Sultra (Danrem 143/HO, Kajati, Kabinda, Karo Ops Polda, Danlanal Kendari, Danlanud HO), Sekda Pemprov Sultra, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Prov Sultra, Para Asisten Sekda Provinsi Sultra, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Tim Pemantau Pemilu dari Kemendagri serta BSSN.

Pj Gubernur bersama rombongan mulamya menyambangi TPS 02 Pondambea yang juga menjadi lokasi pencoblosan Kajati Sultra. Selanjutnya, rombongan melanjutkan ke TPS 07 yang terletak di Watubangga.

Pj Gubernur dan rombongan selanjutnya menuju ke TPS 14 di seputaran Baruga dan TPS 02 Punggaloba yang TPS dengan pengaturannya laksana tempat pesta resepsi pernikahan.

“Saya apresiasi Pak Ketua RW yang telah menyulap halaman samping rumahnya menjadi TPS yang sangat unik dengan konsep seperti resepsi pernikahan. Tadi Ketua KPU menyampaikan besaran anggaran pendirian TPS, namun dengan alokasi anggaran sejumlah itu dapat didirikan TPS seperti ini, ini sangat kreatif,” ujarnya.

Usai dari Baruga dan Punggaloba, kunjungan dilanjutkan ke daerah Gunung Jati. Di lokasi itu, Pj Gubernur menyambangi TPS 06 Kandai, TPS 02 dan 17 kelurahan Gunung Jati.

“Gimana apakah Bapak dan Ibu sudah mencoblos? Jangan lupa untuk menyalurkan hak politiknya ya!,” sapa Pj Gubernur kepada sejumlah masyarakat yang ditemuinya.

Andap menambahkan, bahwa animo masyarakat Sultra pada Pemilu 2024 di Kota Kendari relatif tinggi. Hal ini ditandai dengan tingkat partisipasi kehadiran masyarakat pada masing-masing TPS yang dikunjungi.

“Alhamdulillah, kami melihat antusiasme masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya relatif tinggi. Masyarakat juga terlihat gembira saat melakukan pencoblosan, Insya Allah semoga pesta demokrasi tahun ini dapat berjalan aman, damai, dan kondusif sampai akhir kegiatan,” tambahnya.

Tepat pukul 12.03 WITA, sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK), Pj Gubernur menyalurkan hak pilihnya di TPS 16 Mandonga Kota Kendari.

Usai tiba lokasi, Andap diberikan lima kertas suara untuk selanjutnya melakukan pencoblosan di bilik TPS. Setelah itu, kertas suara yang dicoblos dimasukkan ke kotak suara.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi saya, setelah pensiun sebagai Anggota Polri, saya dapat menyalurkan hak pilih di Provinsi Sultra tercinta ini” pungkasnya.

Andap juga sempat memperlihatkan jari kelingking bertinta pertanda sudah selesai menyalurkan hak pilihnya.

Terakhir, Andap juga menyampaikan akan terus intens koordinasi dengan Ketua KPU dan Bawaslu serta pengamanan Pemilu untuk memastikan tidak terjadi permasalahan berarti di tengah anomali Pemilu Tahun 2024 ini.

“Kami akan intens berkoordinasi untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Sultra dapat berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif apalagi di tengah anomali musim saat ini mengingat data BMKG, terdapat 6 (Kabupaten) berpotensi hujan yakni di Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Buton, Buton Utara, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Kabupaten Wakatobi,” tutup Andap. *(ST)

editor:DN