NewsMetro

Komisi II DPR RI Bersama BPIP Kembali Masifkan Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Masyarakat Kota Kendari

108
×

Komisi II DPR RI Bersama BPIP Kembali Masifkan Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Masyarakat Kota Kendari

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Anggota Komisi II DPR RI bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan sosialisasi pembinaan ideologi pancasila kepada sejumlah masyarakat Kota Kendari, di sebuah Cafe di Kota Kendari, Kamis (19/10/2023).

Sosialisasi tersebut digelar sebagai bentuk manifestasi kepada masyarakat, setelah kurang lebih 20 tahun pasca era reformasi nilai-nilai pancasila tidak lagi diajarkan secara masif.

Anggota Komisi II DPR RI, Ir Hugua mengatakan akibat kurangnya penanaman nilai pancasila ini mengakibatkan era generasi terputus. Olehnya itu pihaknya bersama berbagai pihak kembali mensosialisasikan nilai -nilai pancasila ini.

“Sebagai bagian penting dalam rangka membuat negara ini bisa utuh dan abadi” ungkapnya.

Mantan Bupati Wakatobi dua periode itu juga mengatakan, sosialisasi pancasila merupakan tugas MPR dan DPR RI.

“Ada jalur melalui DPR sendiri ada juga DPR dengan mitra, untuk mensosialisasikan nilai-nilai pancasila dan empat pilar ini,” katanya.

Sementara, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, M.Akbar Hadiprabowo mengatakan Ir. Hugua merupakan mitra BPIP bersama Pemerintah Kota (Pemkot).

Ia mengatakan, selama kurang lebih 20 tahun negara Indonesia tidak memiliki lembaga yang mengurusi pancasila.

“Alhamdulillah BPIP bersama stakeholder, pemerintah, legislatif, akademisi, tokoh masyarakat, dunia usaha dan media. Ayo kita gaungkan kembali nilai luhur pancasila,” ujarnya.

Menurutnya hal ini juga sebagai upaya untuk senantiasa menyebarkan luaskan dan menamamkan pada masyarakat tentang edeologi pancasila.

“Agar betul-betul negara ini bisa terawat. Kita tau bahwa di Indonesia ini beragam baik suku, agama, ras dan adat istiadat. Ini kalau tidak punya ideologi repot kita, olehnya itu BPIP bagaimana merawat dan melestarikan ini,” tuturnya.”(NV).