NewsMetroPendidikan

Kemendikbud Launching Buku Bahan Ajar Pancasila untuk Paud dan Perguruan Tinggi, Isinya 30 Teori dan 70 Persen Praktek

98
×

Kemendikbud Launching Buku Bahan Ajar Pancasila untuk Paud dan Perguruan Tinggi, Isinya 30 Teori dan 70 Persen Praktek

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melaunching buku bahan ajar pancasila untuk Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan perguruan tinggi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), M. Akbar Hadiprabowo.

Ia mengatakan buku bahan ajar tersebut sebanyak 15 buah, dimana didalamnya mengajarkan 30 persen teori dan 70 persen praktek.

“Dilaunching Kemendikbud kemarin, atau siang lalu, buku bahan ajar pancasila untuk sekolah dasar dan menengah,” ungkap Akbar usai kegiatannya, Kamis (19/10/2023).

“Ini mudah-mudahan nanti akan digaungkan lagi di sekolah-sekolah dasar dan menengah, bahkan tingkat Paud,” tambahnya.

Ia berharap, dengan hadirnya buku bahan ajar pancasila ini dapat dihayati, dipahami serta dapat diimplementasikan, sehingga menjadi kebiasaan masyarakat.

Diketahui profil pelajar pancasila ini mengadopsi pelajar pancasila itu sendiri. Sehingga pada 2021 lalu pihaknya mengandeng sebanyak 200 orang, yang terdiri dari tokoh budayawan dan dalang.

“Alhamdulillah 2021 dan 2022 materi bahan ajar ini sudah diserahkan ke Kemendikbud, mudahan- mudahan Kepala Dinas bisa melaksanakan bahan materi ini, disampaikan kepada anak-anak bagaimana dasarnya edologi kita dan bagaimana nilai perlu diingatkan,” pungkasnya.*(NV).