NewsMetroPariwisata

Kadispar Sultra Apresiasi Kehadiran IHSA, dan Berharap Rambah 17 Kabupaten/Kota

238
×

Kadispar Sultra Apresiasi Kehadiran IHSA, dan Berharap Rambah 17 Kabupaten/Kota

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Kehadiran pendatang baru, Asosiasi yang bergerak di dunia kepariwisataan yaitu Indonesia Home Stay Association (IHSA) di Bumi Anoa, mendapat apresiasi positif dari Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Saat dikonfirmasi terkait bertambahnya asosiasi pariwisata yaitu IHSA yang masuk ke Bumi Anoa, Kadispar Sultra, Belli HT sangat mengapresiasi, dan berharap menjadi bagian kemitraan yang bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Dispar Sultra hingga kabupaten dan Kota.

“Jadi nanti kita harapkan program dari teman-teman IHSA benar-benar bisa turun sampai ke desa-desa wisata, melakukan pendampingan-pendampingan kepada homestay yang menjadi milik masyarakat, sehingga benar-benar nanti dari sisi kenyamanan benar-benar bisa dinikmati wisatawan,” ujar Kadispar Sultra, Rabu (21/2/2024).

Harapan sinergitas antara IHSA dan Pemerintah ini untuk menopang eksistensi kepariwisataan di Sulawesi Tenggara. Dispar Sultra sendiri seringkali membuka ruang bagi organisasi kepariwisataan, pegiat pariwisata, influence, dan pelaku pariwisata untuk menjadikan Sultra berada pada posisi teratas pariwisata Indonesia.

“Harapan saya kita bisa bersinergi, bisa saling support, mendukung satu sama lain,sehingga Sulawesi Tenggara bisa menjadi salah satu pemain dalam industri keperwisataan di tingkat nasional,” ucap Belli.

Belli menambahkan pihaknya berharap asosiasi ini benar-benar bisa terbentuk sampai di 17 kabupaten kota.

“karena mengingat sekarang sebaran desa wisata yang ada di data aplikasi Jardesta Kementrian Pariwisata sudah kurang lebih dari 200 bahkan mungkin bisa 300an desa wisata Sulawesi Tenggara, sehinga peran IHSA sangat dinantikan untuk mensupport Homestay dan pengembangan Desa Wisata di Sulawesi Tenggara. Sekali lagi saya ucapkan selamat buat teman-teman, selamat berkarya membangun perwisata di Sulawesi Tenggara.” Tutup Belli.

DPD IHSA Sultra saat ini di ketuai oleh Ahmad Nizar dan didampingi Sekretaris umum Baso Rani Mochtar dan Bendahara umum Aldha Ayu Wulandari. Per tanggal 21 Februari 2024, DPD IHSA Sultra telah merangkul 10 DPC yang telah mendapatkan SK Resmi penetapan dari DPP IHSA Pusat. *(ST).

 

Editor:NZ