NewsMetroPariwisata

Dispar Sultra Gelar Pelatihan Penyusunan dan Pemasaran Paket Wisata, Kuliner hingga Bahari jadi Prioritas

727
×

Dispar Sultra Gelar Pelatihan Penyusunan dan Pemasaran Paket Wisata, Kuliner hingga Bahari jadi Prioritas

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan Penyusunan dan pemasaran paket wisata yang diikuti oleh 45 peserta dari berbagi pegiat wisata dan pokdarwis di salah satu Hotel Kota Kendari, 2-4 Juli 2024.

Kegiatan ini diperuntukkan untuk meningkatkan Jumlah Kunjungan di Sultra. Diketahui pada tahun 2022 mencapai 12,7 juta orang, lalu 11,1 juta pada 2023. Meski menurun, posisi jumlah kunjungan di Sultra tetap masuk dua besar, dengan intensitas kunjungan 2-3 hari dalam sekali kunjungan.

Kegiatan ini menghadirkan para Narasumber ahli dibidangnya masing-masing. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli HT menyampaikan, provinsi julukan Bumi Anoa ini kaya akan kekayaan Bahari dan Kulinernya.

Paket wisata semestinya mengkombain segala potensi wisata yang ada. Tak hanya itu, multi efek dari paket wisata juga sebaiknya menyentuh pelaku ekonomi kreatif.

Tak hanya itu, 75 persen pengunjung merupakan generasi usia 25-35 tahun. Rentang usia ini disebut millenial dan gen z. Mereka memiliki karakteristik khusus yakni familiar dengan media sosial.

“Maka kita harus bisa menciptakan paket-paket wisata yang menarik, agar waktu stay di Sultra bisa mencapai rata-rata 3 sampai 4 hari dalam sekali kunjungan,” ujarnya, Selasa (2/7/2024).

Wisata paling menarik minat di Sultra yang tertinggi adalah kuliner yang mencapai 36 persen dibanding wisata bahari yang hanya menempati urutan kedua, dengan 26 persen. Olehnya, ia berharap agar paket wisata yang dibuat tidak keluar dari kedua hal tersebut.

“Kuliner di Sultra ada lebih dari 20 jenis, ini yang harus mendapat atensi untuk merancang paket wisata menarik ke Sultra,” ucap Belli. (ST).

 

Editor:NZ