NewsPendidikan

Siswa SMAN 1 Kendari Wakili Sultra Di Tingkat Nasional Lomba Baca Puisi

358
×

Siswa SMAN 1 Kendari Wakili Sultra Di Tingkat Nasional Lomba Baca Puisi

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Diva Maheswari Nadiguna Somayasa, Siswa kelas 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) Satu Kendari, merupakan perwakilan provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam lomba baca Puisi tingkat Nasional 2024.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kendari, Ruslan mengatakan, Siswa tersebut adalah siswa yang telah merengkuh banyak prestasi dalam cabang lomba puisi ditingkat kota dan provinsi di Sultra.

“layak ia mewakili provinsi Sultra, sebab ia sudah memiliki banyak pengalaman dan prestasi lomba puisi baik di tingkat kota hingga provinsi” katanya

Menurutnya, prestasi itu tidak terlepas dari pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SMAN 1 Kendari, hingga peran guru-guru dan bimbingan orang tua untuk terus memotivasinya.

“Banyak juga prestasi anak-anak dibina oleh pihak luar, dan kalau ini jelas-jelas sekolah yang membimbing. Prestasi anak ini selain mendapatkan bimbingan dari gurunya, juga mendapatkan bimbingan dan motivasi dari orang tua mereka,” ungkapnya.

Untuk itu, Sebagai kepala sekolah SMAN 1 Kendari tentu memberikan apresiasi dan penghargaan kepada anak siswa yang berprestasi dan mendorong mereka serta memberikan skala prioritas apabila mau melanjutkan studi.

“Saya memberikan skala prioritas bila anak-anak ini melanjutkan studi. Dimana dia memilih kalau sekolah yang punya kewenangan InsyaAllah sebagai kepala sekolah prioritas sebagaimana anak kami yang salah satu alumninya tahun lalu dia masuk jalur SNMPTN untuk kategori fakultas kedokteran internasional di Universitas Gajah Mada,” bebernya.

Ruslan berharap, prestasi yang diraih oleh siswanya dapat memicu motivasi kepada siswa khususnya di SMAN 1 Kendari, agar bangkit meraih cita-cita dan menjadi jembatan untuk berproses hingga masa yang akan datang.

“Terus berlatih dan belajar, agar apa yang kita raih hari ini dapat kita pertahankan dan bisa kita tingkatkan lagi di event yang akan datang,” jelasnya.

Sementara itu, Diva Maheswari Nadiguna Somayasa merasa bersyukur, bisa ikut serta dalam lomba baca puisi dan mewakili Sultra di tingkat Nasional.

“Saya sangat bersyukur sekali karena kita tau pesertanya sampai ratusan orang,”tuturnya.

Diva mengaku bahwa prestasi yang ia dapatkan merupakan hasil dari binaan dan bimbingan guru di SMAN 1 Kendari.

“Dan Alhamdulillah guru saya membimbing dengan baik dan saya sangat bangga dengan prestasi ini tapi tidak boleh berpuas diri,” pungkasnya. (RZ)