NewsDaerah

Satu Unit Mobil Damkar Baru diresemikan Pj. Bupati, Armada Baru sejak 2019

496
×

Satu Unit Mobil Damkar Baru diresemikan Pj. Bupati, Armada Baru sejak 2019

Share this article

TERAMEDIA.ID.KOLAKA.UTARA – Pj. Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP., MA, meresmikan satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) baru dalam acara yang digelar di pelataran parkir Kantor Dinas Damkar Kolaka Utara, Kamis (26/06/2024)

Mobil damkar ini nantinya akan ditempatkan di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara, sebagai bagian dari upaya optimalisasi layanan penanganan bencana kepada masyarakat.

Dr. Sukanto Toding menegaskan bahwa pengadaan mobil damkar baru ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana kebakaran.

“Jadi 1 unit mobil ini akan ditempatkan dan akan selalu siap dipergunakan apabila terjadi bencana kebakaran,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kebakaran, Muhammad Syafar, menjelaskan bahwa armada baru ini merupakan tambahan yang sangat dinantikan sejak 2019.

“Dinas Kebakaran terakhir kali mendapatkan armada baru pada tahun 2019, dan lima tahun kemudian baru ada tambahan lagi. Dana yang digunakan adalah dana tahun 2024, dan insya Allah, armada ini akan ditempatkan di Kecamatan Batu Putih pada Januari 2025,” tegasnya.

Syafar menambahkan bahwa dari 15 kecamatan di Kolaka Utara, saat ini sudah ada armada pemadam kebakaran di Lapai, Ranteangin, dan Mako. Dengan penambahan ini, diharapkan setiap kecamatan minimal memiliki satu armada.

“Kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan setiap kecamatan dengan minimal satu armada. Kami juga akan melatih dan mendidik dua relawan kebakaran per desa untuk menjadi informan, penunjuk jalan, serta perpanjangan tangan damkar di desa,” jelas Syafar.

Sukanto menambahkan pihak Dinas terkait perlu mensosialisasikan mitigasi dan pencegahan kebakaran, karena hampir semua kebakaran pasti ada penyebabnya.

“Armada baru ini bukan hanya sekadar alat, tapi juga simbol komitmen kita dalam pencegahan kebakaran. Pencegahan adalah hal yang paling penting. Lebih baik mencegah daripada mengatasi setelah kebakaran terjadi,” tutupnya. *(AF/M)

 

Editor:NZ