NewsHukum & Kriminal

Polresta Kendari Akan Siagakan 180 Personel Pengamanan Idul Fitri 2024

677
×

Polresta Kendari Akan Siagakan 180 Personel Pengamanan Idul Fitri 2024

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Kendari akan menyiagakan sebanyak 180 personel untuk melakukan pengamanan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, Rabu (3/4/2024).

Kepala Polresta Kendari, Kombes Pol. Tri Aris Yunarko melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops), Kompol Asri Dyini mengatakan bahwa, ratusan personel itu nantinya akan disiagakan di pos pelayanan dan pos pengamanan yang didirikan oleh Polresta Kendari.

“Polresta Kendari dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri akan melaksanakan Operasi dengan Sandi Ketupat Anoa 2024 selama 13 hari,” jelasnya.

Lanjutnya, sebanyak 180 personel akan disiagakan yang dibagi dalam 11 pos, terdiri dari delapan pos pengamanan dan tiga pos pelayanan.

Dia menyebutkan bahwa dalam pos pengamanan dan pelayanan itu, pihaknya melibatkan TNI, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Senkom.

“Khusus dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, berdasarkan paparan yang disampaikan, sebanyak 50 personel akan dilibatkan untuk dipersiapkan di Pelabuhan, bandara, dan mall. Disiapkan untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa mendekati hari raya, kegiatan masyarakat semakin meningkat, hal itu perlu dilakukan antisipasi oleh Tim Lalu Lintas (Lantas) Polresta Kendari dan Dinas Perhubungan, agar masyarakat tidak terganggu dengan kemacetan lalu lintas.

Begitu juga dengan pelabuhan yang perlu diwaspadai, sambung dia, adalah jumlah kapal yang sedikit dan penumpang yang banyak dapat menyebabkan kelebihan muatan, serta mengabaikan keselamatan.

“Untuk kapal-kapal kecil khususnya angkutan pariwisata, agar dilengkapi dengan jaket pelampung,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Asri juga menyampaikan bahwa pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik agar berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Tujuannya, untuk mengantisipasi aksi pencurian saat rumah kosong, ketika mudik kampung halaman,” pungkasnya.*(DW)