NewsDaerahHukum & Kriminal

Polisi Ungkap Motif Kades di Muna Dibunuh Saudara Kandung, Gegara Penertiban Kios

93
×

Polisi Ungkap Motif Kades di Muna Dibunuh Saudara Kandung, Gegara Penertiban Kios

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Kepolisian Resor (Polres) Muna mengungkapkan motif pembunuhan saudara kandung tersebut gegara permasalahan penertiban kios.

La Ode Alimin tega membunuh adiknya bernama La Ode Marula, Selasa 17 Oktober 2023. Korban sekaligus Kepala Desa Wadolao Kecamatan Marobo Kabupaten Muna.

Sedangkan pelaku adalah mantan kepala desa yang kalah melawan adiknya pada Pilkades serentak di Muna pada November 2022 lalu.

Kasatreskrim Polres Muna, Iptu Asrun menuturkan, motif pelaku melakukan penganiayaan dikarenakan korban menegur pelaku untuk menggeser kiosnya yang telah masuk dalam pelebaran jalan di Pasar Wadolao.

“Motif bertengkar pada saat kerja bakti di pasar, saat itu korban mendekati dan menegur pelaku yang sedang bekerja memperbaiki kios miliknya kemudian terjadi pertengkaran antara keduanya,”tuturnya.

Lanjutnya mengungkapkan, kronologi kejadian berawal sekitar pukul 08.00 Wita, korban berangkat dari rumahnya menuju ke pasar bersama 7 orang aparat desa dengan tujuan menertibkan kios yang ada di pasar tersebut.

Namun setelah sampai di pasar korban mendekati dan menyampaikan akan menggeser kios pelaku yang terkena pelebaran jalan.

“Tetapi pelaku ini menolak dan tetap bertahan pada pendiriannya. Sebagai kepala desa, korban pun mengingatkan akan tetap menggeser kios pelaku,” lanjut Iptu Asrun.

Tak terima dengan peringatan tersebut, pelaku mencabut senjata tajam dan menganiaya korban.

“Saat itu masyarakat yang ada di sekitar pasar berhamburan berlarian menyelamatkan diri kemudian pelaku terlihat memegang sebilah parang sedangkan korban dalam posisi tergeletak di tanah bersimbah darah dan mengalami luka robek di seluruh bagian tubuh,” ungkapnya.

kemudian setelah melakukan penganiayaan terhadap korban, pelaku meninggalkan korban dan masyarakat membawa korban ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

“Sekitar pukul 10.30 Wita korban dinyatakan telah meninggal dunia di Puskesmas Wasolangka Kecamatan Parigi Kabupaten Muna,” jelasnya.

Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres Muna untuk pemeriksaan lebih lanjut.*(DW)