NewsDaerah

Peningkatan Kualitas SDM Tenaga Rescuer Bawah Air, KPP Kendari Gelar Diklat

101
×

Peningkatan Kualitas SDM Tenaga Rescuer Bawah Air, KPP Kendari Gelar Diklat

Share this article

TERAMEDIA.ID, WAKATOBI – 15 Rescuer lingkup Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari, mengikuti Diklat dan Kursus dalam rangka pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pelatihan Selam di Kabupaten Wakatobi.

Panitia kegiatan Andika Setiawan dari Balai Pelatihan SDM KPP mengungkapkan, kegiatan ini dilangsungkan di wakatobi karena terkait beberapa hal mendasar.

” Kegiatan ini berdasar pada pencanangan Wakatobi sebagai kawasan strategis pariwisata Nasional, disamping itu banyak kecalakaan laut yang terjadi di perairan wakatobi dan sekitarnya. Kegiatan ini juga didasarai adanya MOU antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dengan Kementrian Pariwisata terkait pengembangan klompetensi Sumber Daya Manusia “ucap Andika (6/9/2023).

lanjut andika bahwa Tujuan dari pelatihan selam ini untuk mewujudkan tenaga rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari yang mampu melakukan pencarian dan pertolongan evakuasi di bawah air dengan cepat, tepat dan aman.

15 Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari KPP Kendari, Pos SAR Wakatobi, Pos SAR Kolaka, Pos SAR Baubau, Unit Siaga SAR Muna, Unit Siaga SAR Konawe Utara dan Unit Siaga SAR Luwu Timur.

Instruktur yang terlibat dalam Diklat dan Kursus sebanyak 3 orang berasal dari Alexa Scuba yang berlisensi dari Rebreather Association of International Divers (RAID)

Sementara itu Elysnawati selaku instruktur dalam pelatihan ini mengukapkan, bahwa para peserta yang telah lulus di kegiatan ini, akan mendapatkan lisensi agency selam Rebreather Association of International Divers (RAID) dan peserta akan mendapatkan sejumlah materi penting dalam dunia penyelaman.

” ya para peserta ini tergolong dalam penyerapan materi open water 21, dan nantinya akan mendapatkan sejumlah materi penting dunia penyelaman, diantarnya diving in general tentang dunia selam secara umum, environmen lingkungan bawah laut, equipment selam, fisika penyelaman, fisiologi penyelaman, Rescue, manajemen penyelaman, Materi keterampilan penyelaman perairan terbatas dan terbuka, Praktek keterampilan dasar penyelaman terbatas dan Praktek selam laut terbuka ” ujar Elys.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 1 s/d 6 September 2023 di Dermaga Marina, Pantai Cemara dan Sombu.

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Kab. Wakatobi Ilmiati Daud dan dihadiri oleh Kepala KPP Kendari, Kalak BPBD Wakatobi, Kepala KUPP Wanci, Kasatpol Airud Wakatobi, Danyon Militer Wanci, Danpos AL Wanci dan Kadis Pariwisata Wakatobi.

Dalam sambutan dipenutupan ini, Ilmiati Daud berharap dengan Diklat dan pelatihan selam ini dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara pasif, sehingga pelayanan SAR yang diberikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara tepat dan optimal. ** (RED)