NewsPariwisata

Pemilihan Duta Wisata Indonesia di Gelar di Sultra, 10 Finalis Berbagai Provinsi Berkompetisi

120
×

Pemilihan Duta Wisata Indonesia di Gelar di Sultra, 10 Finalis Berbagai Provinsi Berkompetisi

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali jadi tuan rumah event Nasional. Kali ini pada sektor pariwisata Pemilihan Duta Wisata Indonesia ke-17 yang diselenggarakan di salah satu hotel Kota Kendari, Kamis, (23/11/2023).

Pemilihan Duta Wisata Indonesia ini bakal berlangsung pada 24-27 November 2023, dan diikuti oleh perwakilan dari provinsi yang ada di Indonesia dengan Dinas Pariwisata Sultra sebagai penyelenggara.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli dalam laporannya menyampaikan, pada pemilihan Duta Wisata kali ini, 10 finalis dari Provinsi di Indonesia bergabung dan akan berkompetisi untuk meraih predikat Duta Wisata Indonesia.

Provinsi dengan julukan Bumi Anoa ini merupakan salah satu Provinsi terbaik dalam pergerakan wisatawan, dimana tahun 2021-2022, Sultra mencatat pertumbuhan yang terbaik.

“Kami mendapatkan 10 finalis dari Provinsi di Indonesia yang bergabung dalam rangka pemilihan duta wisata nasional. Sultra mencatat pertumbuhan yang terbaik disektor wisata dan tahun ini kami yakin bisa meningkatkan,” ungkapnya.

Belli melanjutkan, malam puncak pemilihan Duta Wisata Indonesia akan berlangsung pada Senin, 27 November 2023. Para finalis akan disuguhi materi kepariwisataan dan penilaian dari masa karantina.

“Kemudian untuk provinsi Sultra baru pertama kali menjadi tuan rumah pemilihan duta wisata Indonesia. Kita juga patut berbangga diri karena di tahun 2022, Sultra terpilih sebagai Duta Wisata Budaya,” tuturnya.

Melalui sokongan kebijakan Pj Gubernur, Belli menyampaikan Terimakasihnya. Sebab dukungan itu membuat gerakan wisatawan terpusat ke Sulawesi Tenggara, dan masyarakat mendapatkan manfaat baik atas kunjungan wisatawan.

“Terimakasih kepada Pj Gubernur Sultra dan Sekda Sultra dalam kebijakan tersebut, sehingga Sultra menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia,”

Lebih lanjut, Belli menyampaikan, hatinya berdebar, sebab pada seminggu kedepan, Sultra akan bersaing dengan 15 Desa Wisata yang ada di Indonesia dalam raihan penghargaan ADWI tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa.

“Satu minggu kedepan, membuat kami berdebar, yaitu pertama yang membanggakan kita masuk 15 desa terbaik dan anugerah yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Desa dan besok malam akan diumumkan siapa pemenangnya dan hari Minggu malam akan diselenggarakan pengumuman anugerah desa wisata di Jakarta bisa bersaing nantinya,” Kata Kadis Pariwisata Provinsi Sultra.

Sementara, Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ada 10 utusan terbaik dari berbagai daerah yang nantinya akan menjadi duta wisata tahun 2023.

Ke 10 finalis tersebut akan menjadi agen-agen yang mempromosikan kekayaan wisata dan keberagaman budaya di Indonesia.

“Saya selaku mewakili pimpinan wilayah bapak Pj Gubernur Sultra menyampaikan bahwa event ini bagian dari tantangan bagi kita, yaitu, bangga berwisata di Indonesia,” ujarnya

“Melalui kegiatan ini, aling tidak dapat mendorong wisatawan nusantara, untuk dapat mendorong perekonomian pada tahun ini serta pemerintah pusat melalui kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif RI menargetkan wisata nusantara dapat meningkatkan,” tambahnya.

Asrun Lio melanjutkan, 10 utusan terbaik dari berbagai daerah akan menjadi duta wisata tahun 2023.Berdasarkan data BPS wisata nusantara atau lokal sekitar 626 juta, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan perjalanan wisata di Indonesia.

Pada kegiatan ini, 10 Finalis Duta Wisata Tahun 2023 dari berbagai provinsi yaitu Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Papua Selatan, Sulawesi Tenggara.

“Untuk kunjungan wisata saat ini meningkatkan pesat dalam 5 tahun terakhir,” teranganya.

Diketahui, pemilihan Duta Wisata Indonesia ini di hadiri oleh Ketua Yayasan Wisata Indonesia, Ketua Umum Apindo, Ketua DWP Provinsi Sultra selaku Ketua Pj Dekranasda Provinsi Sultra dan juga sekaligus Pj Ketua PKK Provinsi Sultra.

Terlihat juga Para Ketua Dharmawati Lingkup Provinsi Sultra, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Karo OTDA Setda Sultra, Para Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sultra atau yang diwakili, Kepala Dinas Pariwisata Kab/Kota se-Sultra atau yang diwakili, Duta Wisata Indonesia Tahun 2022, Para Juri Penilai, Official Duta Wisata Indonesia dari 10 Putra dan Putri dari masing-masing Provinsi yang hadir.

Kegiatan ini juga di buka secara langsung oleh Sekretaris Daerah, Asrun Lio. *(ST)