NewsDaerahPariwisata

Para Sineas Sultra Sepakat Membangun Komunitas Bersama

114
×

Para Sineas Sultra Sepakat Membangun Komunitas Bersama

Share this article

TERAMEDIA.ID, WAKATOBI – Memasuki hari terakhr perhelatan event Festival Film dan Foto Wakatobi ada hal menarik di sesi sesi terakhir kumpulnya sejumlah sineas beberapa kabupaten dan kota ini.

Sebelum sesi penutupan para peserta festival masih fokus pada sharing session bersama yang diisi oleh salah satu Sutradara Film Asal Kota makassar Syaiful HR. Sutradara muda yang telah mampu menghasilkan karya-karya menarik di dunia film ini cukup memberi insipirasi yang disampaikan secara detail dan penuh canda untuk menyemangati para peserta yang masih setia hingga sesi hari ke 3 atau hari terakhir Festival Film dan Foto Wakatobi 2023 kali ini.

” Sharing session seperti ini menarik kita tidak perlu tegang-tegang untuk saling diskusi, saya merasa senang bisa berada di wakatobi beratatap muka langsung dengan kawan-kawan sineas sultra yang sempat hadir. Intinya kita terus berkarya, jangan mundur dengan kritikan, cibiran atas karya yang kita buat hari ini, karena belum tentu orang yang mencibir karya anda, mereka semua mampu berbuat seperti anda. Hargai perjuangan atas karya anda karena apapun bentuk hasil karya film yang kita buat, jangan melupakan perjuangan dibalik itu semua. Itulah perjalanan saya yang memang tidak mudah bisa sampai sejauh ini “, ujar syaiful saat sharing session berlangsung. (31/07/2023).

Pada sesi penutupan acara Ahmad Nizar selaku PIC tekhnis kegiatan menyampaikan penghargaan setinggi tinggiya kepada dinas pariwisata provinsi sultra selaku penyelenggara kegiatan, dan tentu dukungan dari pemda wakatobi khususnya dinas pariwisata setempat, serta para peserta hingga komunitas lokal wakatobi atas kegiatan ini.

” setelah 2 tahun penyelenggaraan event seperti ini, sedikit banyak memberi perubahan atas pergerakan film disultra, hal ini dibuktikan dengan sejumlah film lokal sultra yang melakukan submit dalam sesi screening film di event kali ini dengan jumlah yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Event ini tidak akan berjalan seperti apa yang kita harapkan tanpa dukungan semua pihak, baik provinsi, kabupaten wakatobi dan peserta dari kabupaten/kota yang hadir di kegiatan ini. Event kali ini tidak sekedar festival, namun ternyata bisa menghasilkan 1 gebrakan bersama untuk menginisiasi sebuah wadah bersama para sineas disulawesi tenggara “. ucap ino sapaan akrabnya

Pada festival kali ini, para peserta sepakat untuk dibentuknya satu wadah bersama para sineas atau pelaku film di sultra, hal ini sebagai salah satu solusi atas beberapa diskusi dalam festival film ini bersama narasumber. Sehingga para peserta secara sepakat ingin segera dibentuk Komunitas Film Sultra yang mampu memberi jalur komunikasi yang lebih aktif bukan hanya seputara pertukaran informasi tentang pergerkan film disultra, namun kegiatan-kegiatan festival perfilman di luar sultra baik nasional maupun internasional termasuk program pemerintah terkait dukungan perfilman.

 

Reporter: Doni