NewsMetro

Kunker ke BPVP Kendari, Wamen Kemnaker RI Tinjau Proses Pelatihan Siswa

104
×

Kunker ke BPVP Kendari, Wamen Kemnaker RI Tinjau Proses Pelatihan Siswa

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Wakil Mentri Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Wamen Kemnaker RI) Afriansyah Noor lakukan kunjungan kerja (kunker) ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Senin (25/9/2023).

Dalam kunker tersebut, Afriansyah Noor melakukan monitoring proses pelatihan yang diselenggarakan BPVP Kendari sebanyak 12 program pelatihan baik boarding maupun non boarding dengan total peserta sebanyak 192 siswa.

“Alhamdulillah, setiap workshop sudah kita kunjungi dan para siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pelatihannya,” kata Afriansyah.

Ia menyebutkan, dari dialog yang dilakukan dengan beberapa siswa dari berbagai program pelatihan, setiap siswa lebih dominan ingin bekerja secara mandiri atau berwirausaha dibandingkan dengan yang ingin bekerja di dunia usaha atau industri ketika usai mengikuti proses pelatihan.

“Keinginan para siswa tersebut sangat luar biasa dan patut mendapatkan perhatian pemerintah, apalagi yang ingin berwirausaha mandiri karena mereka akan membuka lapangan kerja baru,” jelasnya.

Wakil Menteri Kementerian Ketenagakerjaan ini berharap, para siswa dapat mengikuti semua proses pelatihan dengan sungguh-sungguh dan menjadikan ilmu keterampilan yang diperoleh menjadi bermanfaat baik untuk diri sendiri, masyarakat umum, serta daerah bangsa dan negara.

“Kami juga berharap, peran pemerintah untuk ikut andil dan aktif dalam memberikan ruang-ruang bagi para alumni siswa pelatihan bisa mendapatkan lapangan pekerjaan atau membuka usaha secara mandiri,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPVP Kendari Amran ST menambahkan, jika kehadiran Wamen Kemnaker RI Afriansyah Noor untuk meninjau proses pelatihan serta melakukan dialog, merupakan hal yang sangat luar biasa dan menjadi spirit bagi para siswa untuk tekun menjalani proses pelatihan.

“Alhamdulillah, para siswa sangat senang dengan kunjungan ini dan bahkan tidak jarang dari mereka mengabadikan momen tersebut,” tuturnya.

Ia menyebutkan, 12 program pelatihan yang dikunjungi Wamen Kemnaker RI yaitu program pelatihan Menjahit Pakaian Wanita Dewasa III, Desain Grafis III dan Desain Grafis IV, Pelatihan Pembuat Roti dan Kue II, Pelayanan Pelanggan II, Barista III, Bakery, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa IV, Pengoperasian Instalasi Kontrol Industri Berbasis PLC, pelatihan SMAW3 G (Las), Juru Gambar Bangunan (CAD) dan Service Sepeda Motor Injeksi.

“Pelatihan ini terbagi menjadi dua, ada yang boarding (di asramakan) dan non boarding (tidak diasramakan),” tutupnya.

Diketahui, dalam kunjungannya tersebut Wakil Menteri Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Afriansyah Noor turut didampingi rombongannya bersama Kepala BPVP Kendari Amran ST, Kepala Sub Bagian Umum BPVP Kendari La Ode Hariwijaya Kaeba, Ketua KKI BPVP Kendari La Ode Safaruddin dan beberapa staf BPVP Kendari.

Sebelum meninggalkan BPVP Kendari Wamen Kemnaker RI Afriansyah Noor juga menyempatkan diri untuk meninjau lokasi workshop alat berat yang berada di atas hibah lahan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. *(NV)