NewsMetro

Kota Baubau Jadi Lokasi Penyembelihan Hewan kurban Presiden Joko Widodo Pada Hari Raya Idul Adha 2023

127
×

Kota Baubau Jadi Lokasi Penyembelihan Hewan kurban Presiden Joko Widodo Pada Hari Raya Idul Adha 2023

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Sapi Kurban berukuran jumbo Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo tahun ini bakal disembelih di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Hari Raya Idul Adha 2023.

Sapi jenis Limosin berusia 4 tahun itu memiliki bobot hampir satu ton atau sekira 850 kg, dengan harga Rp95 juta.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya, mengatakan pihaknya mendatangkan sapi tersebut langsung dari Desa Morome, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

“Lokasi pemotongannya di Kota Baubau,” ujar Kepala Distanak Sultra La Ode Muhammad Rusdin Jaya, Minggu (21/5/2023).

Pihak Distanak Sultra sendiri telah menyiapkan sapi Limosin kurban ini sejak beberapa bulan yang lalu.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Sultra, La Ode Muhammad Jabal mengatakan pemilihan sapi dan penentuan titik lokasi pemotongan selalu berbeda setiap tahunnya.

Di mana spesifikasi sapi kurban dan penentuan titik lokasi pemotongan ditentukan oleh Kementrian Peternakan dan Sekretariat Kepresidenan Negara.

Untuk itu pihaknya sudah mengantisipasi jika nantinya pihak kementrian telah menyampaikam spesifikasi sapi kurban presiden, Distanak sudah punya pilihan yang tersebar di Sultra.

“Seperti tahun 2022 lalu, sapi kurban presiden berasal dari Unaaha Kabupaten Konawe dan disembelih di daerah Pasar Wajo Kabupaten Buton,” tutupnya.

 

Reporter : Novi