News

Intip Persiapan Tenaga Kesehatan yang Mendampingi Calon Jemaah Haji Sultra 2024 di Tanah Suci, Makkah

91
×

Intip Persiapan Tenaga Kesehatan yang Mendampingi Calon Jemaah Haji Sultra 2024 di Tanah Suci, Makkah

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Tenaga kesehatan haji (TKH) terus mematangkan persiapan untuk mendampangi calon jemaah haji (CJH) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024 di Tanah Suci, Makkah.

Tahun ini jumlah CJH dan petugas haji Sultra berjumlah 2.114 jemaah. Terdiri dari empat kloter utuh yaitu UPG 28, UPG 29, UPG 31, UPG 33 dan satu UPG 35 gabungan Embarkasi Makassar.

Sedangkan untuk jumlah petugas sebanyak 46 orang, dengan rincian PPIH Arab Saudi 6 orang, PPIH kloter dan bimbingan ibadah 10 orang, petugas haji daerah 15 orang dan petugas TKHI sebanyak 15 orang.

Salah satu TKH Sultra kloter 29 , Hikma Jaya mengatakan ia bersama TKH lainnya diwajibkan untuk rutin melakukan olahraga, mengatur hidup sehat hingga mengonsumsi vitamin.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh untuk mendampingi para CHJ Sultra mulai 29 Mei 2024 mendatang.

“Insya Allah kami siap mendampingi jemaah haji menuju Arab Saudi” ungkapnya usai kegiatan pelepasan petugas haji di Ruang Pola Kantor Gubernur, Sultra, Jumat (3/5/2024).

Pihaknya sebelumnya telah melakukan kolaborasi bersama Dinas Kesehatan terkait, mulai dari tingkat Kecamatan hingga Kabupaten guna memastikan persiapan para CJH.

Seperti memastikan para CJH agar tidak dehiderasi ketika di Tanah Suci. Memastikan alat pelindung mulai dari topi, kaca mata, payung, masker hingga alas kaki mengingat di Arab Saudi sedang terjadi cuaca extrem.

“Karena ada penyakit yang sangat kita takuti disana, merupakan salah satu penyumbang kematian jemaah di Arab Saudi. Olehnya kita imbau bagi para jemaah agar minum minimal 200 mili per jam selama 15 menit sekali untuk menghindari dehiderasi,” bebernya.

Selain itu, para petugas juga dibekali dengan obat-obatan dan alat medis untuk memastikan para CJH dalam kondisi prima baik saat menuju ke Tanah Suci Makkah maupun kembali ke tanah air.

“Alhamdulillah kami sudah dibekali ada tas khusus, disitu lengkap alat medis, obat – obatan emergenci yang jemaah butuhkan. insya Allah para jemaah kami usahakan yang terbaik kami siapkan perlengkapan dengan sebaik mungkin,” pungkasnya. (NV)

editor:DN