NewsMetro

Hari Kedua MTQ ke-30 Tingkat Kota Kendari, Puluhan Peserta Ikuti Lomba Kaligrafi Al-Quran

100
×

Hari Kedua MTQ ke-30 Tingkat Kota Kendari, Puluhan Peserta Ikuti Lomba Kaligrafi Al-Quran

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Hari kedua, puluhan peserta Kaligrafi Al-Quran bersaing dalam rangka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kota Kendari, di Kantor Balai Kota Kendari, Rabu (28/2/2024).

Ketua Dewan Juri Seni Kaligrafi Al-Quran, Ismail Kaidir mengatakan lomba ini terdiri dari dua jenis, yaitu lomba naskah dan hiasan mushaf. Dimana diikuti sebanyak 23 orang peserta yang berasal dari 11 Kecamatan se-Kota Kendari.

“Aspek yang dinilai dari karya para peserta yaitu untuk naskah keindahan tulisan yang dinilai, semakin sesuai dia dengan kaidah tulisan maka sudah itu yang paling bagus,” ujar Ismail.

Sedangkan untuk hiasan mushaf dinilai dari dua yaitu kaidah dan ornamen, bagaimana para seperta bisa kreatif dalam menghias karyanya dan mampu berkreasi menempatkan warna menjadi menarik.

Ismail menyebut, panitia lomba hanya menyediakan kertas untuk para peserta, sementara untuk kuas, cat, hingga tinta dibawa oleh masing-masing peserta.

“InsyaAllah setelah jam 5 semua karya akan dikumpul oleh dewan juri dan akan dinilai pada saat itu juga tepatnya malam hari. Namun diumumkan pada puncak kegiatan nanti,” bebernya.

Perlu diketahui, para peserta akan merebutkan hadiah uang tunai. Untuk juara I Rp 10 juta, Juara II Rp7,5 juta dan juara III Rp 5 juta. (NV)

 

Editor:NZ