NewsEkonomiMetro

Harga Kebutuhan Pokok di Beberapa Pasar Tradisional Kota Kendari Turun

85
×

Harga Kebutuhan Pokok di Beberapa Pasar Tradisional Kota Kendari Turun

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Harga kebutuhan pokok di beberapa Pasar Tradisional yang ada di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) selama sepekan terakhir ini mengalami penurunan.

Beberapa kebutuhan yang mengalami penurunan harga diantaranya cabai, bawang putih, bawang merah hingga sayuran. Sementara untuk beras masih di harga yang wajar atau stabil.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae mengatakan turunnya harga kebutuhan tersebut merupakan kabar baik bagi warga Kota Kendari dan kesuksesan Pemerintah Kota yang telah melakukan upaya penurunan inflasi.

“Dari sidak yang kami lakukan kemarin membuktikan bahwa beberapa bahan pokok memang sangat turun. Namun kita akan tetap memantau dan kita jaga jangan sampai terlalu rendah, karena kasian juga para pedagang dan petani kita,” ungkapnya, Sabtu (3/2/2024).

Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan kembali melakukan sidak di sejumlah tempat guna memastikan harga-harga kebutuhan dalam kondisi normal.

Terlebih menurutnya, mendekati Bulan Suci Ramadhan 2024, harga-harga kebutuhan ini bisa berubah kapan saja, olehnya itu pihaknya akan terus melakukan sidak memantau harga bapok dan memastikan tidak ada permainan harga yang dilakukan pedagang.

“Saya mungkin akan turun lagi minggu depan, memasuki beberapa distributor untuk memantau gula, terigu dan beras. Ini sangat penting apalagi mendekati Bulan Suci Ramadhan,” jelasnya.

Bahkan, upaya menekan inflasi ini akan terus berkelanjutan seperti penanaman 1 juta bibit cabai yang dilakukan lingkup OPD Kota Kendari dengan memanfaatkan lahan kosong.

Perlu diketahui, berdasarkan data yang di rilis oleh BPS, Inflasi di Kota Kendari turun sebesar 1,92 persen. (NV)

editor:DN