NewsMetroPendidikan

Dispusip Sultra Dorong Peningkatan Literasi Lewat Talkshow Literasi

113
×

Dispusip Sultra Dorong Peningkatan Literasi Lewat Talkshow Literasi

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Dorong peningkatan minat baca di Sulawesi Tenggara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ( Dispusip) Sultra Gelar Talk Show literasi sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), Senin (31/7/2023).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Abdurrahman Saleh menyebut jika minat di khususnya di wilayah Sultra masih sangat rendah.

Untuk mengejar ketertinggalan itu ia mengajak semua pihak itu menumbuhkan literasi.

“Itu merupakan tanggung jawab bersama, untuk menumbuhkan literasi dan minat baca sehingga kita harapkan dari anak-anak SMA, penggiat-penggiat literasi baca kita libatkan semua,” ungkapnya.

“Mudah- mudahan evaluasi ini tahun depan lebih banyak, lagi lebih meriah, lebih masif dan daya minat baca lebih tinggi,” tambahnya.

Sementara itu Ia berharap kepada GPMB yang telah dilantik agar mengoptimalkan program kerja dalam peningkatan literasi.

“Visi misi jelas semua kebutuhan dalam gemar literasi bacaan. Baik di wilayah daratan maupun pesisir. Pungkasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Dispusip Sultra, Nur Saleh mengatakan Talk Show ini merupakan bagian dari program transformasi perpustakaan yang berinklusosial.

“Alhamdulillah Sultra telah menjadi mitra program ini sejak tahun 2016, dan hari ini kita di Sultra sudah menyelenggarakan literasi di 11 Kabupaten/Kota dan 47 Desa/Kelurahan dengan melibatkan ribuan masyarakat didalamnya,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini telah mendapatkan dukungan penuh dari DPRD Sultra, dimana telah dilakukan di empat Kabupaten yaitu Kolaka, Kolaka Timur, Konawe Selatan dan Kota Kendari.

“Harapan besarnya dari sini masyarakat ada kesadaran secara bersama menggugah generasi untuk meningkatkan kualitas dirinya,” tuturnya.

 

Reporter : Novi