NewsDaerah

Dekatra resmi terbentuk, Dewan Kesenian pertama di Sultra 

589
×

Dekatra resmi terbentuk, Dewan Kesenian pertama di Sultra 

Share this article

TERAMEDIA.ID.KOLAKA.UTARA – Penjabat Bupati Kolaka Utara (Kolut) Dr. Ir. Sukanto Toding resmi kukuhkan 40 Pengurus Dewan Kesenian Kolaka Utara (DEKATRA) di Tinukari, Jumat (05/07/2024)

 

Pada prosesi pengukuhan Sukanto Toding selaku Pj. Bupati Kolut mendapatkan cendramata berupa miniatur tugu kelapa yang terbuat dari tempurung kelapa.

 

“Saya mengapresiasi lahirnya Dekatra ini. Luar biasa, baru dilantik sudah menghasilkan karya. Semoga terus dilanjutkan,” ungkap Sukanto.

 

Ketua Dekatra Agung Mulyadi, mengatakan Dekatra akan menjadi mitra Pemerintah Daerah terkait Kesenian dan kebudayaan.

 

“Kedepan Dekatra akan menjadi mitra Pemda Kolut di bidang kesenian dan kebudayaan dan kami akan menegaskan posisi kesenian tidak sekedar menjadi pelengkap acara saja dengan potensi kesenian yang ada di Kolut,” tegasnya.

 

Lebih lanjut Agung menjelaskan, Dekatra akan dibagi kedalam tiga zona. Zona 1 meliputi kecamatan Lasusua sampai Ngapa, zona 2 kecamatan Ngapa-tolala, dan zona 3 kecamatan Lambai sampai Wawo.

 

“Kenapa kita bagi menjadi 3 zona, supaya teman-teman pegiat seni lebih terkordinir dan lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Dan masing-masing mempunyai koordinator,” jelas Agung.

 

Dengan dikukuhkannya Dewan Kesenian pertama di Sultra ini, Agung berharap, regulasi di bidang kesenian dan kebudayaan segera terbit.

 

“Saya mewakili teman-teman berharap regulasi di bidang kesenian dan kebudayaan segera terbit. Karena dengan terbitnya regulasi tersebut, kami bisa segera bermitra bersama Pemda,” tutupnya. *(AF/M)

editor:DN