NewsMetro

Bawa Pesan Kedamaian, MUI Sultra Berharap Alim Ulama Bisa Jaga Stabilitas Politik di Bulan Ramadhan

70
×

Bawa Pesan Kedamaian, MUI Sultra Berharap Alim Ulama Bisa Jaga Stabilitas Politik di Bulan Ramadhan

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Guna memaksimalkan peran alim ulama dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan pada tahun politik di Sulawesi Tenggara (Sultra), Majelis Ulama Indonesia (MUI) gelar Musyawarah Alim Ulama.

Diikuti sebanyak 200 orang yang merupakan unsur pengurus MUI, dan ketua ormas himpunan pondok pesantren, bertempat di Aula MUI Sultra, Minggu (19/3/2023).

Sekretaris Umum MUI Sultra Supriyanto, mengatakan peran Alim Ulama untuk menjaga stabilitas politik memiliki peran vital bagaimana menjadi penengah dimasyarakat. Misalnya lewat pemanfaatan penyebaran pesan-pesan kedamaian pada mimbar-mimbar khutbah selama bulan Ramadhan.

“Dan pesan kedamaian itu mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keamanan, karena ajaran Islam itu sangat memprioritaskan tentang menjaga kemanan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu kata dia, fungsi Ulama juga sebagai pembimbing spiritual bagi masyarakat, dimana majelis ulama itu secara otomatis akan memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan.

“Forum ini kan menjadi wadah untuk mengkoordinir kepada ulama, saling mengingatkan jangan sampai nanti kita tidak saling menyapa,” tuturnya.

“Tapi tanpa itupun sudah pasti para ulama itu memiliki komitmen untuk menjaga keamanan dan menjaga stabilitas politik masyarakat Sulawesi Tenggara,” dia menambahkan.

Dia menyebut, bentuk menjaga keamanan politik itu yakni lewat komisi fatwa, dakwah, ukhuwah dan kerukunan.

“Nah empat komisi ini yang paling strategis untuk memerankan itu. Jadi di MUI itu dengan melalui peran-peran yang dilakukan oleh komisi, sehingga memiliki kontribusi yang besar oleh karena itu pemerintah pusat menganggap bahwa MUI adalah mitra pemerintah atau mitra strategis dalam membina keumatan,” jelasnya.

Kesempatan sama, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sultra Brigjen Pol Waris Angono yang juga merupakan pemateri pada kesempatan itu menyampaikan pesan kepada para Alim Ulama agar menjadi bagian dari sistim kedamaian umat.

Kemudian, dia juga berpesan agar menjelang ramadhan dan Idul Fitri pelaksanaan ibadah bisa berjalan dengan baik.

“Kami menginginkan agar situasinya itu berjalan aman, sehingga tadi disampaikan kegiatan ibadah itu adalah peningkatan iman dan pelaksanaan iman itu berjalan dengan baik,” tuturnya.

Dia menambahkan, terkait pelaksanaan pemilu peran ulama sangat vital dan penting untuk mendinginkan umat agar tidak terjadi perpecahan diantara umat.

“Perbedaan itu sunnatullah, tetapi jangan sampai perbedaan itu mejadi pemusuhan,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Asrun Lio.

 

Reporter : Novi