NewsDaerah

Mahasiswa KKN-PPM UGM SG-008 di Konawe Selatan Mendukung Pembentukan Desa Wisata Batu Jaya

253
×

Mahasiswa KKN-PPM UGM SG-008 di Konawe Selatan Mendukung Pembentukan Desa Wisata Batu Jaya

Share this article

Mahasiswa KKN-PPM UGM SG-008 di Konawe Selatan Mendukung Pembentukan Desa Wisata Batu Jaya

TERAMEDIA.ID, KONAWE SELATAN – Mahasiswa KKN-PPM UGM SG-008 Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan di bawah bimbingan Dra. Eko T. Sulistyani, M.Sc, telah aktif mendukung pembentukan Desa Wisata Batu Jaya. Dalam upaya memajukan potensi pariwisata lokal, mereka telah melakukan berbagai kegiatan pembangunan desa yang terfokus pada infrastruktur dan fasilitas publik.

Dalam upaya memperkenalkan dan mempertegas identitas desa sebagai tujuan wisata yang menarik, para mahasiswa telah terlibat secara aktif dalam pembangunan berbagai fasilitas esensial. Hal ini mencakup pembangunan gapura selamat datang, pemasangan plang petunjuk arah menuju fasilitas umum, pembentukan spot “I Love Batu Jaya” dan ayunan, serta pemasangan plang evakuasi bencana alam di titik-titik strategis desa.

Pembangunan gapura selamat datang menjadi langkah awal yang penting dalam memperkenalkan Desa Wisata Batu Jaya kepada pengunjung. Gapura tersebut bukan hanya sebagai tanda masuk ke desa, tetapi juga menjadi simbol kehangatan dan sambutan bagi parawisatawan yang berkunjung. Selain itu, plang petunjuk arah fasilitas umum memberikankemudahan bagi wisatawan untuk mengetahui lokasi dan arah menuju berbagai fasilitas penting di sekitar desa, seperti sekolah, air terjun, dermaga dan tempat ibadah.

Pembangunan spot foto “I Love Batu Jaya” disertai dengan ayunan dirancang sebagai tempat ikonik di mana pengunjung dapat mengabadikan momen mereka dengan latar belakang keindahan alam dan budaya Desa Wisata Batu Jaya. Tak hanya itu, keselamatan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam juga menjadi perhatian utama dalam pembangunan Desa Wisata Batu Jaya. Mahasiswa KKN-PPM UGM SG-008 Kecamatan Laonti,Kabupaten Konawe Selatan telah turut serta dalam penyusunan dan pemasangan plang evakuasi bencana alam di titik-titik strategis desa. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat serta wisatawan dalam menghadapi potensi bencana alam yang mungkin terjadi.

Selain kontribusi yang diberikan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM SG-008 Kecamatan Laonti,Kabupaten Konawe Selatan, antusias warga setempat juga menjadi pendorong utama dalam kesuksesan program pembangunan Desa Wisata Batu Jaya. Dukungan yang hangat dan partisipasi aktif dari masyarakat setempat telah menjadi pilar yang memperkuat implementasi berbagai inisiatif pembangunan tersebut.

Dalam setiap tahapan program, terlihat jelas kehadiran warga yang tidak hanya memberikandukungan moral, tetapi juga turut serta secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan. Mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan, kerjasama erat antara mahasiswa dan warga desa telah menciptakan sinergi yang positif dalam mewujudkan visi bersama untuk mengembangkan Desa Wisata Batu Jaya menjadi destinasi pariwisata yang menarik dan berkelanjutan.

Menurut Koordinator KKN PPM UGM 2023 Kecamatan Laonti Sub Unit Desa Batu Jaya, Lenni Nabilah bahwa pihaknya sangat mendukung Desa Batu Jaya menjadi Desa Wisata kedepannya.

“Saya sangat mendukung untuk dijadikan desa wisata karena memang batu jaya ini sangat indah desanya, mungkin harapan kami semoga pelatihan kepariwisataan terhadap pemuda desa diadakan agar pemuda menjadi semakin kreatif dalam mengembangkan desa wisata nantinya” ucap Nabila (3/2/2024)

Dengan kerja keras dan dedikasi mahasiswa KKN-PPM UGM SG-008 di bawah bimbingan Dra.Eko T. Sulistyani, M. Sc, Desa Wisata Batu Jaya semakin siap menyambut dan melayani para wisatawan. Upaya mereka bukan hanya memberikan dampak positif bagi perkembanganpariwisata lokal, tetapi juga memberikan pengalaman belajar dan pengabdian yang berharga bagi para mahasiswa tersebut. Semoga pembangunan Desa Wisata Batu Jaya dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat dan pengunjung. (AN)

Editor:NZ