NewsMetro

Wartawan dan Pemkot Kendari, Bantu Warga Krisis Air Akibat Kekeringan

171
×

Wartawan dan Pemkot Kendari, Bantu Warga Krisis Air Akibat Kekeringan

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Akibat dampak Elnino sejumlah wilayah di tanah air mengalami dampak kekeringan. Tidak ketinggalan Kota Kendari juga sejumlah wilayahnya mengalami kesulitan air bersih.
Atas kondisi ini sejumlah perwakilan sejumlah wartawan dan media di Kota Kendari, bersama pemerintah Kota Kendari bahu membahu memberikan donasi air bersih kepada warga kendari yang membutuhkan khususnya wilayah yang sangat terdampak krisis air bersih (21/10/2023).

Area sasaran bantuan kali ini di Kecamatan Baruga khususnya kelurahan watubangga. Awak media bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Pemerintah Kecamatan Baruga serta Pemerintah Kelurahan Watubangga mendistriusikan 53 Tandin Air Bersih atau sebanyak 65.600 liter air hasil donasi awak media dan perwakilan media se-kota kendari.

Di hari pertama kegiatan ini, sasaran bantuan di Kelurahan Watubangga dengan pendistirbusian di dua titik yakni di RW 07, RT 03 dan di RW 02, RT 04 dengan jumlah Kepala Keluarga yang menerima sebanyak 16 Kepala Keluarga (KK).
Kalaksa BPBD Kota Kendari, Fadhil Suparman menyampaikan terima kasihnya atas partisipasi dari wartawan Kota Kendari dalam penanganan bencana Kekeringan di Kota Kendari.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa dari Pemerintah Kota Kendari dan BPBD Kota Kendari atas partisipasi, kontribusi dan keikutsertaan teman-teman media yang telah ikut membantu menyalurkan air bersih di masyarakat Kota Kendari, khususnya untuk hari ini di wilayah Kecamatan Baruga,”ungkapnya.

Lanjutnya, kalau dari Kecamatan Baruga, dari 4 Kelurahan, semua kelurahan memasukkan data kebutuhan untuk air bersih, tapi untuk hari ini pendistribusiannya baru di Kelurahan Watubangga dan sudah terdistribusi sekitar 11 Tandon Air dengan jumlah kepala keluarga yang menerima sebanyak 16 Kepala Keluarga yang berdomisili di 2 RW, dan kegiatan ini akan terus berlanjut.

“Terlepas ini merupakan tugas dari BPBD atau tim Posko Siaga Bencana Kekeringan, tapi peran teman-teman media ini, saya kira ini harus dan patut diapresiasi dan menjadi contoh untuk pihak mana saja yang ikut berpartisipasi dalam penanganan darurat kekeringan di Kota Kendari,”tandasnya.

Ditempat yang sama, Camat Baruga, Sentosa juga menyampaikan bahwa target pendistribusian bantuan bersih ini akan dilaksanakan di 4 Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Baruga.

“Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman wartawan dan BPBD yang tentu pagi ini, kita akan mendiskusikan air bersih di warga yang terdampak, terkhusus di beberapa wilayah di Kecamatan Baruga ini, dan pagi ini kita akan melakukan distribusi di Kelurahan Watubangga,”imbuhnya.

Sementara itu, Hengky salah satu perwakilan wartawan Kota Kendari menyampaikan bahwa kegiatan pendistribusian air bersih ini akan dilanjutkan besok di Kelurahan Baruga.

“Jumlah sumbangan tandon air yang telah terkumpul ke kami sampai hari ini sudah mencapai 53 Tandon air, dan hari ini sudah tersalurkan sebanyak 11 Tandon air dengan jumlah warga penerima sebanyak 16 Kepala Keluarga, dan besok akan kami lanjutkan pendistribusinya di Kelurahan Baruga,”tutupnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data sementara dari Pemerintah Kecamatan Baruga, bahwa Kecamatan Baruga ada sekira 215 KK yang terdampak kekeringan dan butuh bantuan air bersih yang tersebar di semua Kelurahan. **(Red)