NewsMetro

Warga Kota Kendari Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

132
×

Warga Kota Kendari Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Share this article
Fadlil Suparman - Kepala BPBD Kota Kendari

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, mengimbau warga Kota Kendari waspada cuaca ekstrem. Seperti angin kencang, tanah longsor dan badai petir.

Kepala BPBD Kota Kendari, Fadlil Suparman mengatakan berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, diperkirakan puncak musim hujan akan berlangsung pada Juni 2024 mendatang.

“Ada tiga potensi bencana yang mungkin terjadi dimusim ini, seperti banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem. Terlebih Februari, Maret hingga April intensitas hujan akan makin tinggi dan ini perlu kewaspadaan. Masyarakat diimbau perhatikan rumahnya, minimal atapnya utamanya rumah yang ada di posisi rawan bencana,” ungkapnya, Selasa (30/1/2024)..

Selain itu, BPBD Kota Kendari juga mengimbau kepada warga yang bermukim di dekat sungai dan lokasi yang rawan longsor, agar selalu bersiaga, mengingat cuaca saat ini tidak dapat diprediksi.

Mantan Kadis Kominfo Kota Kendari itu juga mengatakan jika seluruh Kecamatan se-Kota Kendari berisiko tinggi terhadap bencana, kecuali Kecamatan Kambu.

“Masyarakat diimbau jangan mendekati pohon yang dirasa rawan tumbang. Kita banyak menyaksikan masyarakat kita yang tertimpa musibah, akibat pohon tumbang,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sendiri telah menetapkan status siaga di Kota Kendari. Apabila cuaca semakin ekstrem pihaknya akan meningkatkannya menjadi status tanggap darurat.

Olehnya itu Pemkot Kendari masif melakukan upaya pembersihan melibatkan seluruh Aparartur Sipil Negara (ASN)  Pemkot Kendari melakukan kerja bakti di lingkungannya masing-masing.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam upaya menjaga lingkungan guna menghindari bencana banjir yang disebabkan oleh sampah.(NV)

editor:DN