News

UNIK! Inilah Olahan Berbahan Dasar Tomat Bentuk dan Cita Rasa Mirip Kurma

213
×

UNIK! Inilah Olahan Berbahan Dasar Tomat Bentuk dan Cita Rasa Mirip Kurma

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Inilah inovasi makanan unik dari buah tomat yang memiliki bentuk dan cita rasa seperti kurma sungguhan, yang dinamai tomat kurma (Toruma).

Toruma dipamerkan dalam kegiatan Job Fair di SMKN 5 Kendari, dimana menambah daftar olahan makanan unik berbahan dasar tomat.

Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Laoge mengatakan umumnya buah tomat hanya dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap sambal atau makanan lainnya. Namun ditangannya dapat diolah menjadi cemilan unik yang bernilai ekonomi.

“Setelah kami melakukan studi, ternyata bisa dibuat dalam bentuk cemilan. Sebenarnya sudah pernah dibuat, tetapi kami sendiri menggunakan cara baru agar struktur buah tomat itu bisa sama seperti kurma asli,” ungkapnya saat kegiatan Job Fair, Sabtu (11/11/2023).

Untuk proses pengolahan Toruma sendiri terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pemisahan biji dari buah tomat yang telah matang, kemudian dilarutkan dalam air garam selama 2 jam lalu dibilas.

Selanjutnya memasuki tahapan perendaman dengan air kapur selam 6 jam lalu dibilas, kemudian perebusan dengan air gula dan proses pengeringan menggunakan oven selama 8 jam.

Laoge menyebut, awalnya proses mengolah Toruma sempat memakan waktu 2-3 hari lamanya. Namun kini hanya membutuhkan waktu 24 jam saja.

Dari 1 Kg tomat tersebut ia mengatakan bisa menghasilkan 200-300 gram Toruma siap makan.

“Nanti setelah uji lab, kami rencanakan masukan di BPOM, dan logo halal supaya kita bisa mengurus izin edar. Untuk kemudian bisa menyasar market,” katanya.

“Kemudian harapan kami ada dukungan dari dunia usaha industri, sehingga perguruan tinggi bersama sekolah kejuruan bisa berkolaborasi mempromosikan kepada masyarakat luas,” pungkasnya.(NV)