NewsMetro

Terkait Indikasi Menghalangi Kerja Jurnalis Oleh Bank Sultra, Ketua AMSI Angkat Bicara

150
×

Terkait Indikasi Menghalangi Kerja Jurnalis Oleh Bank Sultra, Ketua AMSI Angkat Bicara

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Menyimak kasus yang menimpa jurnalis INews TV Kendari (MNC Media Group) yang ingin mengkonfirmasi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi berdasarkan temuan BPK Sultra, namun tidak diberi kesempatan untuk dilayani wawancara, Ketua Asosiasi Media Siber (AMSI) Pengda Sulotra angkat bicara.

Dari data release yang menimpa Salah Satu Wartawan INewsTV (MNC MEdia Group) tindakan manajemen Bank Sultra menghalang-halangi tugas jurnalis dalam melakukan peliputan. Bentuk penghalangan-halangan itu berupa menyodorkan formulir sebagai syarat peliputan kepada wartawan. Selanjutnya Bank Sultra melakukan profiling profesi dan pribadi wartawan tanpa dasar yang jelas dan diluar kapasitasnya.

Meskipun Data yang diminta sudah diberikan sebagai profiling mulai Kartu Pers, KTP hingga KTA Organisasi Pers, namun tetap saja pihak Bank Sultra menganggap tidak layak untuk melakukan karifikasi terkait pemberitaan yang ingin dimuat.

Untuk diketahui Wartawan yang ditolak oleh bank sultra, Medianya merupakan media Nasional yang sudah lama terverifikasi Dewan Pers yaitu INEWSTV (MNC Media Group), wartawan yang bersangkutan sudah mengkuti Sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan, Punya KTA Organisasi Pers Resmi Konstituen Dewan Pers. Namun dianggap tidak berhak melakukan konfirmasi peliputan yang disampaikan oleh Humas Bank Sultra, Wa Ode Nurhuma.

Atas kejadian ini Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Pengda Sultra, M.Jufri Rachim menegaskan, kejadian ini mengancam Kebebasan PERS yang dilindungi undang-undang.

” Harusnya mungkin aturan-aturan yang dibuat oleh Bank Sultra terkait media, disosialisasikan terlebih dahulu sehingga ada ruang diskusi dan menghasilkan keputsan kebijakan yang rasional. Namun terkait kasus rekan MNC Media, ini berbahaya dan mencelakai kebebasan Pers. Karena Media dan Wartawan yang mau meliput tersebut sudah lama Terverifikasi Dewan Pers, jadi apa landasannya Bank Sultra menganggap tidak layak melakukan peliputan.” ucap Jufri.

Disisi lain, Jufri juga mengingatkan terkait permintaan deata pribadi, sejauh mana juga Bank Sultra bisa Menjamin tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) seseorang.**(Red)