NewsMetro

Semarak HSN 2023 di Provinsi Sultra, Ribuan Santri Bakal Laksanakan Kirab

132
×

Semarak HSN 2023 di Provinsi Sultra, Ribuan Santri Bakal Laksanakan Kirab

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diisi dengan sejumlah kegiatan.

Kepala Kantor Wilayah ( Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, Muhamad Saleh mengatakan HSN kali ini bertemakan “Jihad santri jayakan negeri”.

Dimana sebelumnya Kemenag sendiri pada 17 – 20 Oktober 2023 telah memulai rangkaian HSN dengan beberapa kegiatan, diantaranya pidato dan dzikir bersama.

Pada 21 Oktober 2023 besok, agenda HSN akan dilanjutkan dengan kirab kebangsaan, dimulai dari Masjid Raya Al-Kautsar Kendari hingga Masjid Amal Bakti Kanwil Kemenag Sultra. Dimana melibatkan seluruh siswa Madrasah, pondok pesantren se-Kota Kendari.

Pengurus dan badan otonom yang ada di Nahdatul Ulama (NU) Provinsi dan Kota, serta ormas keagamaan lainnya, penyuluh agama, dan penghulu se- Kota Kendari.

“Yang kita perkirakan mencapai kurang lebih 10 ribu peserta kirab kebangsaan,” ujar Muhamad saleh, jumat (20/10/2023).

Kemudian pada puncak acara 22 Oktober 2023, Kemenag Sultra akan menggelar upacara serentak berpusat di Pondok Pesantren Al-Mannah Kendari. Dilanjutkan kembali pembacaan sholawat nariyah.

“Insya Allah besok malam kita akan menggelar pembacaan satu milyar sholawat nariyah,” katanya.

“Pembacaan sholawat nariyah diperkirakan 1.200 orang yang dilakukan ba’da salat isya berjamaah di halaman pondok pesantren Al- Mannah,” sambungnya.

Kemenag Sultra juga akan menggelar serentak seluruh satker di Kemenag, pondok pesantren, madrasah. Kemudian dilanjutkan apel secara nasional dipusatkan di kota Surabaya.

Selain itu pada 22-26 Oktober 2023, Kemenag bakal mengagendakan kemandirian pesantren, tepatnya di Kampus 3 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Kakanwil Kemenag Sultra berharap, HSN ini dapat membangkitkan semangat para santri dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun Sultra.

“Mudah-mudahan hari santri, kita bisa membangkitkan semangat para santri yang ada di Sultra, untuk meningkatkan kompetensi, kualitas SDM dalam rangka untuk pelaksanaan pembangunan dengan segala bidang khususnya di Provinsi Sultra,”Pungkasnya.*(NV)