NewsDaerah

Sebanyak 800 Warga Kolut Kebagian Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah

100
×

Sebanyak 800 Warga Kolut Kebagian Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah

Share this article

TERAMEDIA.ID.KOLAKA.UTARA- Kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo di Kolaka Utara memiliki beberapa agenda. Salah satunya memberikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah dari Badan Urusan Logistik (Bulog) yang digelar di lapangan tenis areal Alun-alun kota Lasusua.

Setidaknya sebanyak 800 warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan menerima langsung bingkisan pangan dari orang nomor satu di Indonesia itu.

“Untuk sementara, beras 10 kg ini akan diberikan sampai bulan Juni, tapi kita berdoa bersama agar nanti APBN ada kelebihan sehingga bisa diteruskan sampai Desember,” ucap Jokowi.

Bantuan pangan beras ini adalah salah satu  program bantuan ekonomi pemerintah kepada masyarakat berpendapatan rendah. Bantuan pangan beras ini dikelola sepenuhnya oleh Badan Pangan Nasional bersama Bulog. Bantuan ini terkoordinasikan  dengan pemerintah daerah dan penyalurannya ke seluruh Indonesia.

Mokhamad Suyamto selaku Direktur SCPP Perum Bulog mengatakan bahwa program cadangan pangan dimulai Bulog pada Maret 2023 lalu untuk 21,3 juta KPM, dan pada tahun 2024 meningkat menjadi 22 juta KPM.

“Bulog menerima data dari Badan Pangan Nasional, yang menerima data dari P3KE (Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem). Di situ sudah ada nama-nama dan alamatnya, Bulog tinggal menyalurkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Suyamto menambahkan, beras yang dibagikan akan cukup sampai Juni mendatang, apalagi saat ini tengah panen raya di beberapa wilayah, termasuk Konawe dan Kolaka.

“Kita melakukan penyerapan di Kolaka, Konawe untuk produksi dalam negeri. Kita harapkan stok aman untuk masyarakat dan siap memenuhi program-program pangan dengan operasi pasar yang rutin kami lakukan. Masyarakat tidak perlu khawatir terkait stok,” tutupnya. *(AF/M)

editor:DN