NewsMetro

Pj. Wali Kota Kendari Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong Menjadi Produktif

83
×

Pj. Wali Kota Kendari Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong Menjadi Produktif

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Upaya menekan inflasi, Penjabat (Pj.) Wali Kota Kendari mengajak masyarakat dalam pengembangan dan pemanfaatan lahan-lahan kosong menjadi produktif.

Hal itu disampaikan saat melakukan panen jagung di lahan kelompok tani Lapas Idaman Baruga, sekaligus memberi bantuan cadangan pangan berupa beras kepada masyarakat di Kecamatan Baruga, Rabu (21/2/2024).

Muhammad Yusup mengatakan jika pemanfaatan lahan-lahan tidak produktif, ini perlu melibatkan masyarakat, serta dukungan seluruh pihak. Seperti berbagi pengalaman terkait teknologi informasi hingga pengetahuan budidaya yang baik.

“Ke depannya harapan saya kegiatan pemanfaatan lahan ini dapat lebih membudaya, memberi manfaat kepada masyarakat dan hasil produk yang diperoleh memberi kepuasan jasmani dan rohani serta lahan yang yang dimanfaatkan dapat menjadi tempat rekreasi, menjadi sumber pangan dan sumber pendapatan,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini juga menyampaikan, apresiasi dan penghargaan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani Lapas Idaman.

“Kelompok tani Lapas Idaman merupakan warga binaan Kemenkumham Sultra khususnya Lapas kelas II A Kendari, mereka telah memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi pengembangan dan ketersediaan pangan komoditi pertanian di Kota Kendari dalam hal ini komoditas tanaman jagung,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari Sahuriyanto mengatakan, kegiatan panen jagung merupakan bagian program Pemkot Kendari yakni pemanfaatan lahan tidur dan mengembangkan pertanian di Kota Kendari.

“Jadi kita ingin mengembangkan pertanian Kendari dengan menanam buah-buahan hortikultura. Alhamdulillah hari ini kita sudah bisa panen jagung kurang lebih satu hektare,” ujarnya.

Sahuriyanto menambahkan, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pertanian terdapat sekitar 70 hektare lahan tidur di Kendari. Jumlah tersebut hingga saat ini masih terus berkembang. (NV)

 

Editor:NZ