NewsDaerahHeadlinePariwisataSpecial event

PJ Gubernur Sultra ; Wakatobi Amazing

158
×

PJ Gubernur Sultra ; Wakatobi Amazing

Share this article

TERAMEDIA.ID, WAKATOBI – Sebagai Kalender Event Nasional (KEN) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2023 kembali di gelar wangi=wangi tepatnya kawasan Marina Togomowondu Wakatobi (4/11/2023).

Pelaksana jabatan (PJ) Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, membuka secara resmi gelaran event Wakatobi Wave 2023 yang akan berlangsung sejak 4 hingga 6 November 2023 di Wangi-wangi wakatobi.

 

Dalam sambutannya Andap menegaskan kata pertama melihat wakatobi adalah Amazing, Keindahan alam laut hingga arat di barengi kekuatan budaya yang kuat menjadi daya tarik luar biasa bagi tempat ini

 

” Tiba di wakatobi sejenak saya menyimak daerah ini, dan layak untuk di katakan Amazing. Masyarakat dari orang tua dewasa hingga anak-anak meski dibawah terik matahari mampu menyajikan sajian seni budaya yang luar biasa semangatnya. Inilah kekuatan yang harus kita tunjukkan pada dunia dan indonesia tentang wakatobi. berbicara kebudayaan adalah jalan menuju perubahan, kebudayaan yang merupakan potensi ekonomi yang dapat menjadi kekuatan ekonomi itu sendiri, dalam hal ini Apabila kita membangun kekuatan ekonomi harus melibatkan bapak ibu dan seluruh masyarakat ” ucap Andap

 

Andap juga menyampaikan bahwa ketika orang banyak yang datang ke sini ada manfaatnya Terhadap Peningkatan pendapatan asli daerah, dengan pendapatan asli daerah kita bisa membangun Wakatobi ini lebih baik. Apakah membangun infrastruktur nya apakah Membangun fasilitas nya, tentu adalah untuk kesejahteraan rakyat yang ada di Wakatobi dengan demikian memberikan kontribusi juga kepada Provinsi Sulawesi Tenggara. tetapi satu sisi kalau kita berbicara mimpi kita tentang daerah industri, kita tidak boleh kehilangan identitas diri bangsa ini meninggalkan kebudayaan .

“yang harus kita garis bawahi bahwa pariwisata sebagai kekuatan ekonomi, mari kita perbaiki pariwisata baik dalam manajemen pariwisata termasuk juga peningkatan SDM pariwisata, pada akhirnya industri pariwisata akan meningkat perputaran ekonomi masyarakat yang juga memberikan kontribusi positif dalam upaya penurunan inflasi di Sulawesi Tenggara. ” tutup andap

PJ Gubernur Sultra didampingi Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi serta forkopimda wakatoi dan provinsi sultra, Kementrian Pariwisata RI, Para Raja-raja nusantara, juga turut hadir sejumlah pimpinan daerah kabupaten/kota di sultra, legislatif tingkat kabupaten dan provinsi, forkopimda provinsi, hingga lembaga non pemerintahan dan BUMN, juga menyaksikan sejumlah pagelaran seni budaya.

 


Kegiatan Pembukaan wakatobi wave kali ini menghadirkan pawai budaya dari sleuruh kecamatan yang ada di wakatobi, pelajar dan opd, fashion show tnun tradisional, hingga tarian kolosal yang mampu memukau para undangan dan ribuan masyarakat yang hadir di lapangan marina tgomowondu wakatobi.

Wakatobi Wave 2023 juga menghadirkan expo umkm, pementasan seni budaya, hingga panggung hiburan. Juga beberapa Prevent yang sudah berlangsung sebelum pembukaan wakatobi wav kali ini.**(Red)