NewsDaerah

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj. Bupati Kolut Ajak Masyarakat Menjaga dan Memulihkan Kelestarian Lingkungan Hidup 

74
×

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj. Bupati Kolut Ajak Masyarakat Menjaga dan Memulihkan Kelestarian Lingkungan Hidup 

Share this article

TERAMEDIA.ID.KOLAKA.UTARA – Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding MSP, MA, secara resmi membuka kegiatan perkemahan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juli 2024 di Desa Tinukari, Kecamatan Ranteangin, Sabtu (06/07/2024)

 

Acara ini dihadiri kurang lebih 500 peserta yang terdiri dari kelompok pecinta alam, OPD, dan sekolah-sekolah.

 

Berbagai kegiatan digelar dalam kegiatan yang rencananya akan dilaksanakann mulai tanggal 5 hingga 7 juli 2024 ini, diantaranya diskusi lingkungan, pelantikan pengurus Dewan Kesenian Kolaka Utara, dan penanaman pohon bambu di bantaran sungai.

 

Dalam sambutannya, Dr. Sukanto Toding menekankan pentingnya inovasi dan prinsip keadilan dalam menyelesaikan krisis iklim.

 

“Saya mengajak kita semua mewujudkan rasa syukur kita dalam rangka pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 yang mengangkat tema ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan’. Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan dengan mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas,” ujarnya.

 

Pj. Bupati Kolut tersebut juga menyoroti pentingnya pemulihan lahan sebagai kunci dalam mengatasi degradasi lingkungan, meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

 

“Kita perlu berkomitmen untuk merespon peringatan ini dengan tindakan nyata seperti penanaman pohon, pembersihan lingkungan, dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan,” tegas Sukanto.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kolaka Utara.

 

“Mari kita menjaga dan memulihkan kelestarian lingkungan hidup demi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di masa kini dan masa depan,” tutup Sukanto. *(AF/M)

editor: DN