NewsMetro

Peringati Hakordia, Inspektorat Kota Kendari Kumpulan 102 Kantong Darah

116
×

Peringati Hakordia, Inspektorat Kota Kendari Kumpulan 102 Kantong Darah

Share this article

TERAMEDIA.ID,  KOTA KENDARI – Inspektorat Kota Kendari berhasil mengumpulkan sebanyak 102 kantor darah dalam kegiatan donor darah rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023. Aksi sosial ini berlangsung di selasar lapangan upacara Balai Kota Kendari, Kamis (14/12/2023).

Inspektur Kota Kendari Sri Yusnita mengaku, puncak peringatan Hakordia tingkat Kota Kendari akan dilakukan Jumat (15/12/2023), diawali dengan jalan sehat yang diikuti sejumlah kalangan di Kota Kendari, termasuk ASN lingkup Kota Kendari.

” Memperingati Hakordia kami melakukan donor darah, tadi yang mendaftar sebanyak 145 orang namun hanya 102 kantung darah yang terkumpul, 43 orang tidak lolos screening,” ungkapnya usai memantau donor darah.

Donor darah ini melibatkan ASN serta karyawan dan karyawati Pemerintah Kota Kendari, Asisten 1 Pemerintah Kota Kendari Amir Hasan, Asisten 3 Kota Kendari Makmur, beberapa kepala OPD Kota Kendari, termasuk pegawai BPKP Sulawesi Tenggara juga berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Donor darah memiliki peran krusial dalam menyelamatkan nyawa. Darah yang didonasikan memenuhi kebutuhan transfusi bagi pasien yang membutuhkan, Selain itu, donor darah secara teratur membantu mempertahankan stok darah yang cukup di bank darah, sehingga ketika keadaan darurat atau bencana terjadi, pasokan darah sudah tersedia untuk menyokong pengobatan.

Tidak hanya menyelamatkan nyawa, donor darah juga memberikan manfaat kesehatan kepada para pendonornya. Proses donor darah dapat merangsang tubuh untuk memproduksi darah baru, membantu menjaga kesehatan jantung dan mengatur produksi sel darah merah. Selain itu, donor darah juga dapat memberikan kesempatan bagi pendonor untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan berkala, seperti pemeriksaan tekanan darah, deteksi penyakit menular, dan tes darah lainnya yang dapat mendeteksi masalah kesehatan secara dini.

Inspektur Kota Kendari menambahkan, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan dalam Hakordia tahun 2023 diantara lomba puisi anti korupsi dan stand up comedy.*(RED)