NewsMetro

Pemkot Kendari Gelar Wisata Pungut Sampah di Sepanjang Teluk, 36 Ton Sampah Berhasil Di Angkut

127
×

Pemkot Kendari Gelar Wisata Pungut Sampah di Sepanjang Teluk, 36 Ton Sampah Berhasil Di Angkut

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI  – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 di Kota Kendari di warnai dengan beragam agenda salah satunya adalah wisata pungut sampah yang berlangsung di sepanjang Teluk Kendari Beach dengan titik kumpul berada di Anjungan Teluk Kendari.

Wisata Pungut Sampah ini di pimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala dengan melibatkan OPD, Forkopimda, Pemerhari Lingkungan, Masyarakat dan Nelayan yang sekira berjumlah 500 orang yang turut berpartisapi dalam Wisata Pungut Sampah di Teluk Kendari ini.

Selain itu, terdapat pembagian lima zona pembersihan, masing-masing OPD, TNI Polri dan sejumlah instasi vertikal dan sejumlah bank di Kota Kendari bergerak ke wilayah masing-masing.

Usai pembersihan terlihat sebanyak 36 ton sampah plastik berhasil dikumpulkan dalam kegiatan ini.

Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian untuk menunjukkan dharma bakti sebagai warga Kota Kendari terkhusus pada momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun.

“Pagi ini kita melakukan kegiatan wisata pungut sampah di laut, di darat dan sekitarnya, karena sifatnya wisata ya kita enjoy. Kita menyiapkan fasilitas pendukung dan Insya Allah kita di dukung saudara-saudara kita yang ada di perahu,” kata dia.

Semangat patriotisme ini kata dia, merupakan bagian dari upaya untuk menjaga kejayaan Negara Republik Indonesia ini.

Pembersihan Teluk Kendari atau Wisata Pungut Sampah di Teluk Kendari ini selain merupakan agenda resmi Pemerintah Kota Kendari setiap akhir pekan, kegiatan ini juga merupakan sebuah rangkaian Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di laut.

“Pembersihan Teluk Kendari ini sudah kalender resmi di Kota Kendari makanya kami kemas dalam bentuk wisata pungut sampah di laut karena ini adalah tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait di Kota Kendari. Kelestarian Teluk Kendari ini menunjukkan karakteristik wilayah Kota Kendari sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama,” jelasnya.

mengingat, bulan PRB bakal berlangsung di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan Kota Kendari sebagai lokasi pelaksanaan, sehingga Pemkot Kendari juga telah memulai sejumlah persiapan.

Selain Wisata Pungut Sampah, persiapan lainnya juga tengah dimulai dari infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan PRB, seperti penataan gerbang batas kota Baruga (Kendari) – Ranomeeto (Konawe Selatan) yang memiliki arti yang sangat penting dan strategis, karena ini adalah tanda awal mulai masuk ke wilayah Kota Kendari.

“Pemerintah Kota Kendari dan segenap warga Kota Kendari Alhamdulillah berterimakasih dengan kepercayaan pemerintah pusat dalam hal ini BNPB, provinsi untuk menjadikan Kendari sebagai tempat penyelenggaraan bulan Pengurangan Resiko Bencana,” ungkap Sekda Kota Kendari.

PRB ini diketahui bakal berlangsung di bulan Oktober mendatang.

 

*Redaksi