NewsMetroSosial Budaya

Lestarikan Budaya Lewat Lomba Tradisional, SMP se-Kota Kendari Mengikuti Pekan Kebudayaan Daerah

101
×

Lestarikan Budaya Lewat Lomba Tradisional, SMP se-Kota Kendari Mengikuti Pekan Kebudayaan Daerah

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Ratusan Siswa/Siswi SMP se-Kota Kendari, mengikuti Pekan Kebudayaan Daerah (PKD), yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang dimulai 12-13 Desember 2023, di pelataran Kantor Balai Kota, Selasa (12/12/2023).

Pejabat (Pj.) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan kegiatan ini sekaligus mengenalkan kembali kepada anak-anak muda, ragam permainan tradisional yang tak kalah seru dari permainan modern.

“Kembali kita mengingatkan kepada anak-anak, bahwa Kota Kendari juga punya permainan-permainan seperti ini dan itu tidak butuh biaya yang mahal, dari sisi kesehatan kita bisa membuat kita berkeringat, itu lebih sehat,” ungkap Asmawa.

Tempat sama Plt.Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, Nurhaeda mengatakan terdapat beberapa lomba dalam kegiatan PKD ini.

Lomba yang dimaksud yakni, lomba Gala Asin, Lomba Lari Balok, Lomba Metinggo, Lomba Tari Tradisional, Lomba Terompa Panjang Dan Lomba Tradisional Fashion Show Tingkat SMP Se- Kota Kendari Tahun 2023.

Nurhaeda menerangkan, kegiatan ini juga bertujuan memberikan manfaat bagi daerah, masyarakat, budayawan, seniman dan para penggiat kebudayaan.

“Untuk memberikan ruang ekspresi dan atraksi, dalam upaya pelestarian budaya lokal dan budaya daerah,” ujarnya.

Selain itu juga sebagai upaya melestarikan adat dan istiadat serta kearifan lokal.(NV)