NewsMetro

KPU Kendari Komitmen Perkuat Akses Informasi Publik dan Pelayanan Disabilitas

×

KPU Kendari Komitmen Perkuat Akses Informasi Publik dan Pelayanan Disabilitas

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat pelayanan publik dan transparansi informasi, termasuk peningkatan akses bagi kelompok disabilitas, Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, dalam Forum Konsultasi Publik Penyusunan Standar Pelayanan KPU Kota Kendari yang digelar di Aula KPU Kota Kendari, Selasa (11/11/2025).

Kegiatan tersebut dihadiri berbagai pihak, antara lain Ketua Komisi Informasi Sultra Andi Ulil Amri, S.Sos., M.Cd, perwakilan Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah Sultra, akademisi Universitas Halu Oleo (UHO), dan sejumlah stakeholder lainnya. Forum ini menjadi wadah untuk memberikan saran dan masukan terhadap peningkatan standar pelayanan publik KPU.

Ketua Komisi Informasi Sultra, Andi Ulil Amri, S.Sos., M.Cd, dalam sarannya menekankan pentingnya pengawasan eksternal terhadap pelayanan publik di KPU, serta perlunya survei kepuasan masyarakat terhadap layanan KPU.

“Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 mewajibkan setiap lembaga publik membuka diri terhadap pengawasan eksternal. Mekanisme ini bisa melibatkan lembaga seperti Ombudsman, Bawaslu, hingga stakeholder kepemiluan lainnya,” jelas Andi, Senin (11/11/2025).

Ia juga meminta agar akses informasi publik lebih mudah dijangkau masyarakat, baik secara daring maupun langsung, serta agar KPU menyiapkan sumber daya manusia yang mampu memberikan informasi yang akurat dan ramah terhadap kelompok rentan dan disabilitas.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya memperbaiki sistem pelayanan dan keterbukaan informasi publik sesuai arahan KPU RI.

“Kami telah menyiapkan ruang pelayanan terbaik dengan petugas yang ramah dan terus meningkatkan kualitas individu melalui pelatihan,” ujar Jumwal.

Ia juga menjelaskan bahwa KPU akan melakukan simulasi pelayanan bagi penyandang disabilitas, termasuk perekrutan petugas yang memahami bahasa isyarat. “Kami akan evaluasi langsung bagaimana proses pelayanannya agar penyandang disabilitas dapat lebih mudah mengakses informasi,” tambahnya.

Forum ini menjadi bagian dari upaya KPU Kendari untuk meningkatkan standar pelayanan publik serta menampung masukan masyarakat dan pemangku kepentingan demi terciptanya pelayanan KPU yang lebih baik.*(TW)

editor:DN