NewsNasionalPariwisata

Kolaborasi GIPI dan Kemenparekraf Akan Gelar Wonderful Indonesia Tourism Fair

167
×

Kolaborasi GIPI dan Kemenparekraf Akan Gelar Wonderful Indonesia Tourism Fair

Share this article

TERAMEDIA.ID, JAKARTA – Demi memperkenalkan kepariwisataan Indonesia di mata dunia Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) bersama Kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparefraf) menginisasi event internasional bertajuk Wonderful Indonesia Tourism Fair (WITF) 2024.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Umum GIPI, Hariyadi Sukamdani saat paparan dihadapan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno (21/8/2023).

” Diharapkan WITF ini akan menjadi event berkesinambungan, Jika sejumlah negara asia punya event pariwisata inernasional sekelas MATA Fair, di Singapur punya ITB Asia, Thailand Travel Mart Plus, dan kit punya WITF ini. Jadi dukungan Mas mentri (bersama jajaran) sangat kita butuhkan ” ujar Hariyadi.

Sementara itu Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI , Ni Made Ayu Marthini menegaskan bahwa ini memang merupakan inisasi bersama kemenparekraf dan GIPI. Pelaksanaan WITF 2024 dilatarbelakangi oleh belum adanya pameran pariwisata berskala internasional yang diselenggarakan Indonesia untuk memperkenalkan destinasi wisata Tanah Air di tengah perkembangan sektor industri pariwisata global, termasuk Indonesia, yang berangsur membaik setelah pandemi Covid-19

“Kemenparekraf akan mengerahkan deputi-deputi terkait serta melakukan kerja sama dengan GIPI dan para pemangku kepentingan untuk mempromosikan pariwisata dalam negeri serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dalam ajang WITF 2024.Selain itu, Kemenparekraf juga akan berkolaborasi dalam menggelar perjalanan kunjungan wisata (famtrip) untuk memperkenalkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia yang terdiri dari Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.” ungkap Made Ayu.

Selain itu, Kemenparekraf juga akan berkolaborasi dalam menggelar perjalanan kunjungan wisata (famtrip) untuk memperkenalkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia yang terdiri dari Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

WITF ini nantinya akan ditujukan untuk kerja sama antar bisnis (B2B). Namun, pada pelaksanaannya nanti, WITF 2024 juga akan terbuka untuk para konsumen dari kalangan masyarakat umum.

Untuk menyambut penyelenggaraan WITF yang dijadwalkan diselenggarakan pada September 2024 di Jakarta, pada tahun ini GIPI mengadakan Road to WITF 2024 yang akan diisi oleh berbagai acara dan kegiatan mulai dari “podcast” seputar pariwisata, ajang penghargaan, pameran, simposium, hingga program perjalanan wisata.

 

Reporter : Ahmad Nizar