NewsEkonomi

H-4 Natal 2023, Lonjakan Harga Terjadi dibeberapa Kebutuhan, Cabai Rawit Tebus Rp140/kg

95
×

H-4 Natal 2023, Lonjakan Harga Terjadi dibeberapa Kebutuhan, Cabai Rawit Tebus Rp140/kg

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Harga kebutuhan H-4 Natal 2023 di Pasar Tradisional Anduonohu, Kota Kendari, Sultra, terpantau alami lonjakan.

Fenomena kenaikan harga jelang hari besar keagamaan atau Natal dan Tahun Baru (Nataru), kerap menjadi keresahan baik bagi para penjual maupun pembeli.

Sejumlah kebutuhan yang mengalami lonjakan harga, yakni cabai rawit, bawang, kentang, kol, hingga sawi putih.

Syamriah, salah satu penjual sayur mengatakan kebutuhan yang mengalami lonjakan diantaranya seperti cabai rawit, yang kini dibanderol dengan harga Rp140 ribu/kg, yang sebelumnya dijual Rp90 ribu/kg.

Wanita yang telah berjualan sayur puluhan tahun di Pasar Anduonohu tersebut menjelaskan, kenaikan harga cabai rawit disebabkan oleh konsumsi cabai rawit di masyarakat yang meningkat.

Terlebih, pada perayaan hari keagamaan seperti saat ini, permintaan cabai rawit meningkat drastis.

Selain itu, ia juga melayani permintaan di warung atau rumah makan yang memerlukan cabai rawit sebagai pelengkap masakan, seperti ayam geprek.

“Apa lagi sempat ada kemarau juga, jadi tambah mahal harga cabai,” jelasnya.

“Sebenarnya stok cabai rawit ada, hanya jumlahnya pas-pasan. Tapi konsumsi masyarakat sama cabai rawit dia meningkat, baru mau mendekati malam tahun baru,” tambah Syamriah.

Kemudian, bawang merah dan putih kini dibanderol dengan harga Rp50 ribu/kg sebelumnya Rp35-Rp40/kg.

Kentang kini dibanderol dengan harga Rp30 ribu/kg, sebelumnya Rp25 ribu, kol dibanderol Rp20 ribu/kg sebelumnya Rp12 ribu/kg, sawi putih Rp30 ribu/kg.

Sedangkan bahan pangan yang alami penurunan harga yakni cabai keriting dan cabai besar yang kini dibanderol Rp60-Rp65 ribu/kg, sebelumnya Rp80 ribu.

Lalu, jeruk nipis kini per kilonya dibanderol Rp15 ribu, sebelumnya Rp25 ribu/kg.

Wortel dan komoditas sayuran kini berada diharga normal, dimana wortel kini dibanderol dengan harga Rp20 ribu/kg, dan komoditas sayuran seperi kangkung, bayam, sawi kini dibanderol Rp5 ribu/ikat. (NV)