NewsMetro

Buka Sosialisasi KKPD, Asmawa tekankan Seluruh OPD Kendari untuk Terapkan KKPD

89
×

Buka Sosialisasi KKPD, Asmawa tekankan Seluruh OPD Kendari untuk Terapkan KKPD

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Pejabat (Pj) Walikota Kendari, Asmawa Tosepu hadiri sekaligus membuka Sosialisasi Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) Lingkup Pemerintah Kota Kendari bertempat di ruang Samaturu, Kantor Walikota Kendari. Senin, (18/12/2023)

Dalam sambutannya, Pejabat (Pj) Walikota Kendari, Asmawa Tosepu, menyampaikan salah satu elemen fundamental yang mewujudkan tatanan pemerintahan yang bersih dan baik adalah pelaksanaan Reformasi birokrasi keuangan dalam penyelenggaraan pemerintahan baik tingkat pusat maupun tingkat Daerah.

“Pengelolaan keuangan itu, meliputi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaannya itu sendiri, pelaporan pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan yang harus dapat dilaksanakan dengan tertib” Ujarnya.

Asmawa juga berharap dengan terbitnya Peraturan Presiden (PP) 12 Tahun 2019 tentang penggunaan pengelolaan keuangan Daerah, seluruh komponen perangkat Daerah untuk terus meningkatkan dan mengembangkan sistem penataan keuangan berbasis elektronik.

“Dari sisi pengeluaran atau sisi belanja sampai sekarang kita masih banyak menggunakan manual. Jadi, dalam rangka mendukung akuntabilitas kinerja pemerintah melalui program KKPD ini, kami dari pemerintah kota sudah bekerja sama dengan Bank Sultra sebagai penerbit KKPD Kota Kendari” Tambahnya.

Disamping itu Kepala BKAD Kota Kendari Selaku Ketua Panitia kegiatan ini, Farida Agustina, dalam laporannya mengatakan tujuan dari diadakan Sosialisasi KKPD ini adalah untuk memberikan informasi terkait KKPD dan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi para pengguna anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna anggaran (KPA), bendahara pengeluaran dan bendahara pengeluaran pembantu. (RZ)