NewsMetroPendidikan

Ajang Berekspresi, Puluhan Pelajar SMA Sederajat se-Sultra Mengikuti Lomba Teater

143
×

Ajang Berekspresi, Puluhan Pelajar SMA Sederajat se-Sultra Mengikuti Lomba Teater

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (UPTD) Museum dan Taman Budaya menggelar lomba teater, di ruang pusat kesenian Museum dan Taman Budaya Sultra, Senin (30/10/2023).

Lomba teater ini diikuti pelajar SMA sederajat se-Sultra, yang bertajuk ” Aktualisasi teater untuk mencerdaskan generasi milenial”.

Para pelajar dari beberapa sekolah tersebut menampilkan persembahan terbaiknya diatas panggung untuk merebutkan juara.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra, Laudin mengatakan lomba teater ini sempat terhenti pada 2021 lalu, kemudian diadakan kembali ditahun ini.

“Merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan oleh taman budaya, dalam rangka untuk memberikan pemahaman akting kepada anak-anak muda, agar mereka mengetahui budaya yang ada di Sultra itu adalah warisan budaya tak benda teater termasuk didalamnya,”ungkap Laudin.

Dalam lomba ini juga, pihaknya memfokuskan para peserta agar dapat mengekspresikan dirinya melalui teater.

“Supaya anak-anak muda dapat mengekspresikan dirinya untuk mengangkat budaya-budaya, utamanya cara berbahasa dan gerakan-gerakan,” katanya.

Tempat sama, Panitia lomba teater, Syuhida mengatakan proses penilaian peserta meliputi kesesuaian tema, penguasaan karakter, penguasaan panggung, dan penggunaan bahasa.

“Seperti intonasi, kemudian yang dinilai adalah penggunaan properti, kostum dan dekorasi,” katanya.

Syuhida menyebut total jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 10 sekolah.

“Yang tampil hari ini lima sekolah, dan besoknya lagi lima sekolah,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan diadakannya kegiatan ini bisa mengangkat kembali seni teater di masyarakat Sultra. Kemudian kedepannya dapat digelar untuk kalangan umum.

“Kita berharap bisa berkembang di sekolah-sekolah, sehingga mengembangkan minat dan bakat mereka,” pungkasnya.*(NV).