NewsMetro

Sultra Jadi Tuan Rumah Dalam Kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2023, Segala Persiapan Mulai di Matangkan

88
×

Sultra Jadi Tuan Rumah Dalam Kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2023, Segala Persiapan Mulai di Matangkan

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan jadi tuan rumah dalam event nasional Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2023 yang berpusat di Tugu Eks-MTQ Kendari pada 11 – 15 Oktober 2023.

Guna mendukung kelancaran kegiatan, badan nasional penanggulangan bencana (BNPB), Lembaga OPD se- Sultra dan Kabupaten/Kota mengadakan rapat persiapan bersama, di Aula Kantor Gubernur Sultra, Kamis (27/7/2023).

Pelaksanaan PRB ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Gubernur se Indonesia dalam menghadirkan wilayah yang siaga dalam penanggulangan bencana dan risiko bencana alam. Dimana dilakukan secara bergilir di setiap Provinsi di Indonesia.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB, Berton Panjaitan mengatakan PRB yang dilaksanakan di Sultra memiliki dua kegiatan utama, yakni yang dilakukan dari pusat dan daerah.

Berton menyebut, PRB ini nantinya akan diisi dengan sejumlah agenda diantaranya acara puncak, lomba dan juga kegiatan lari hingga penanaman mangrove dan juga kegiatan lainnya.

“Run for life ini sebenarnya kita ingin mengajak masyarakat lari fun tapi juga mengajarkan tentang penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Kemudian kegiatan lainnya yaitu, berupa simulasi penyelamatan apabila terjadi bencana, dengan merangkul berbagai relawan-relawan.

Sekaligus melibatkan pelajar usia dini hingga menengah atas, dan juga masyarakat.

“Mereka juga terlibat, misalnya dalam upaya pemeliharaan pohon itu menjadi penting untuk masyarakat. Karena kalau ada bencana tsunami misalnya mangrove bisa menahan air ke daratan,” katanya.

Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio, melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, Sekda Sultra, Sukanto Toding mengucapkan terimakasih kepada BNPB pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada Sultra dalam penyelenggaraan PRB.

“Tentu ini menjadi sebuah penilaian yang optimal dari pemerintah pusat atas kesiapan kami di daerah,”ungkapnya.

Ia menyebut, pasca penyerahan pataka penyelenggaraan PRB di Sultra, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan kegiatan.

“Baik secara anggaran kami sampaikan, provinsi maupun juga kami melalui asistensi penganggaran Kabupaten Kota sesuai dengan surat edaran Mendagri,” tuturnya.

“Tentu banyak harapan yang ingin kami ambil dari forum atau PRB ini, disamping tentunya kita akan mendapatkan sebagai daerah mobilisasi informasi dengan segala bentuk informasi dan kebijakan terkait penanganan bencana di Indonesia yang dihadiri pihak-pihak baik nasional maupun internasional,” tambahnya.

Ia menambahkan, Pemprov Sultra mendukung penuh terselenggaranya kegiatan PRB ini.

Reporter : Novi