NewsPolitik

PJ Gubernur Sultra Tekankan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

129
×

PJ Gubernur Sultra Tekankan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol Andap Budhi Revianto berharap penyelenggaraan deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai 2024 bukan hanya sebagai formalitas.

Namun dimaknai sebagai pertemuan yang bermanfaat. Bukan hanya lip service atau basa basi.

Hal itu ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi yang diikuti oleh Forkopimda, penyelenggara pemilu, parpol, peserta pemilu dan masyarakat.

“Sultra ini butuh kebersamaan yang baik diantara kita,” kata mantan Kapolda Sultra ini saat membawakan sambutan pada Deklarasi Pemilu Damai 2024 di salah satu hotel di Kendari, Rabu (13/9/2023).

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM ini Pemilu sangatlah penting bagi kita semua. Sehingga ia meminta agar memahami, mempedomani berbagai ketentuan yang ada.

Misalnya, Undang-undang Pemilu, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mengatur tentang Pemilu itu sendiri. PKPU nomor 15 tentang kampanye Pemilu.

“Dalam pasal 34 kita tahu ada tiga alat peraga dari reklame, kemudian umbul-umbul, poster. Termasuk juga penempelan nya, saya masih melihat beberapa poster berada ditempat yang tidak perlu,” bilangnya.

Untuk itu, Pj Gubernur berpesan agar memiliki kesadaran bersama. Bahkan dikatakannya, ia tidak perlu lagi menjelaskan bahwa alat peraga tersebut tidak boleh berada ditempat ibadah, pendidikan, maupun lokasi pemerintahan.

“Saya titip itu saja, teman-teman ikuti ketentuan yang ada, mari kita saling mengingatkan dalam kebaikan. Dan saling mendoakan, kita kawal sama-sama sehingga Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Legislatif, dan Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif. Sehingga ini berkontribusi di dalam terselenggaranya pembangunan nasional di sini (Sultra),” pesannya.

Ketua KPU Sultra, Asril meminta seluruh partai politik dan seluruh masyarakat Sultra untuk bersama-sama mendeklarasikan Pemilu Damai 2024, sesuai dengan yang diharapkan.

Selain dilaksanakan Pemilu untuk memilih Presiden dan anggota legislatif sesuai tingkatan nya, juga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) provinsi, dan kabupaten kota.

“Sehingga kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan ini menjadi inspirasi buat provinsi lain dan juga menginspirasi buat teman-teman kami di kabupaten kota untuk melaksanakan kegiatan yang sejenis,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sultra Ali Mazi, dengan adanya Deklarasi Pemilu Damai ini Sultra akan selalu damai dan tentram.

“Kalau damai tentram, tentu pembangunan juga akan cepat. Oleh karena itu Partai NasDem dan seluruh pendukungnya mendukung deklarasi damai pada hari ini,” pungkasnya.(NV).