NewsDaerahHeadline

Petani Desa Masangena, Konsel Meminta Dukungan Pemprov Sultra Dalam Sektor Pertanian

251
×

Petani Desa Masangena, Konsel Meminta Dukungan Pemprov Sultra Dalam Sektor Pertanian

Share this article

TERAMEDIA.ID, KONAWE SELATAN- Sardi, salah seorang petani bidang hortikultura di Desa Masangena, Kecamatan Konda, Konawe Selatan (Konsel) meminta dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam sektor pertanian.

Sardi mengatakan, zaman sekarang masih sangat sedikit anak muda yang terjun di sektor pertanian. Untuk itu ia meminta pemerintah untuk mencarikan solusi.

Hal tersebut ia sampaikan dalam momen Panen Raya Padi Sawah yang dilakukan Pejabat (Pj) Gubernur Sultra bersama Bupati Konsel.

“Jadi bagaimana pemerintah mencari solusi, agar para pemuda-pemuda bisa terjun dibidang pertanian,” ungkapnya, Sabtu (18/11/2023).

“Contohnya mungkin dengan bantuan alat yang memang diperuntukan khusus buat petani,”tambahnya.

Menurutnya penyebab kurangnya minat anak muda menjadi petani lantaran biaya operasional dan hasil panen yang tidak sesuai. Terlebih pendapatannya yang tak tentu.

“Biasanya kita petani sering sekali biaya produksi lebih tinggi dari pada hasilnya pak, jadi bagaimana pemerintah untuk mendukung sehingga kita petani itu mendapatkan hasil diatas biaya produksi,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan pihaknya selalu memberikan dukungan terhadap petani. Misalnya dengan memberikan bantuan berupa alat pertanian dan perbaikan saluran irigasi.

“Karena saya menyadari keberlangsungan pertanian di Sultra tidak mungkin diserahkan kepada petani, negara harus adil dalam hal ini pemerintah Provinsi, baik Kabupaten Kota yang ada ,cara ini sejalan dengan misi negara kesatuan Indonesia,” ujarnya.*(NV)