News

Mampu Terangi Daerah 3T, PT PLN Raih Dua Penghargaan di CNN Indonesia Award 2024

492
×

Mampu Terangi Daerah 3T, PT PLN Raih Dua Penghargaan di CNN Indonesia Award 2024

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – PT PLN (Persero) meraih dua penghargaan pada ajang CNN Indonesia Awards 2024, Sabtu (23/3/2024).

Dengan tajuk ‘Dari Sulawesi Selatan untuk Nusantara’, PLN memperoleh penghargaan Best Green Energy Initiative dan Best Public Satisfaction.

Penghargaan diberikan sebagai komitmen PT PLN (Persero) dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060.

Serta menerangi hingga ke daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar), untuk mendorong ekonomi berkelanjutan.

Torehan tersebut diraih berkat persentase bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Sistem Kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), yang telah mencapai 45,78%.

Serta PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), mampu menerangi hingga ke pelosok sehingga rasio elektrifikasi total sebesar 99,99 persen pada Februari 2024.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan, transformasi PLN secara konsisten dan berkelanjutan menjadi semangat bagi korporasi.

“Untuk melakukan berbagai upaya dalam percepatan transisi energi dan pemerataan akses listrik hingga ke pelosok,” jelasnya.

Lanjutnya, PLN akan terus berkomitmen untuk melakukan percepatan transisi energi dan menghadirkan listrik hingga ke pelosok negeri.

“Karena dengan hadirnya listrik, dapat meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat,” katanya.

Andy merinci, PLN di Regional Sulawesi sendiri juga sudah menerapkan beberapa program transisi energi, diantaranya Smart Grid di dua subsistem yaitu Selayar dan Tahuna.

“20 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN UID Sulselrabar di 12 lokasi tersebar, serta layanan sertifikasi REC di wilayah kerja PLN UID Sulselrabar yang mencapai 19.927 unit,” bebernya.

Tak hanya itu, sebagai benchmark Green Tourism, PLN UID Sulselrabar juga telah menerapkan 100% penggunaan EBT, untuk melistriki Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Program Green Tourism, ini dikemas dalam tajuk Toraja Green Electrifying Lifestyle Ecosystem (GENTLE), Kawasan Wisata Toraja dan Toraja Utara yang berbasis energi ramah lingkungan,” ungkapnya.

Ditambahkan Andy, semakin terwujudnya program transisi energi dan ekosistem kendaraan listrik, nantinya akan mendukung ketahanan energi nasional.

“Pasalnya akan mengubah ketergantungan konsumsi masyarakat dari energi fosil berbasis impor ke energi listrik domestik,” katanya.

“Dengan berbagai pencapaian di bidang kelistrikan tersebut, Sulawesi Selatan menjadi salah satu barometer dalam menunjang ekonomi nasional,” tutup Andy.*(DW)