NewsDaerah

Mahasiswa KKN PPM UGM SG008 Kembangkan Potensi Minyak Kelapa di Desa Batu Jaya

219
×

Mahasiswa KKN PPM UGM SG008 Kembangkan Potensi Minyak Kelapa di Desa Batu Jaya

Share this article
Foto: Pelaksanaan pembuatan selai kelapa dan nata de coco di Balai Desa Batu Jaya

TERAMEDIA.ID, KONAWE SELATAN – Perkebunan kelapa merupakan salah satu potensi desa Batu Jaya, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan yang menjadi perhatian tim KKN PPM UGM SG008. Buah kelapa di desa ini kebanyakan diolah menjadi minyak kelapa. Namun, penggunaan minyak kelapa tersebut hanya terbatas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yaitu memasak.

Berdasarkan tingginya ketersediaan buah kelapa dan mudahnya proses pengolahan minyak, hal ini dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan produksi minyak kelapa. Produk pangan yang bisa dihasilkan dari bahan dasar kelapa juga terdapat masih sangat banyak agar pemanfaatan komoditas ini bisa lebih maksimal guna meningkatkan nilai ekonominya.

Melihat hal tersebut, Elisabeth Hanung Nayaka, mahasiswa prodi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanain sebagai tim KKN – PPM UGM SG008 yang bertugas di Desa Batu Jaya dan berada di bawah bimbingan Dra. Eko T. Sulistyani, M.Sc, untuk membuat berbagai olahan produk dari komoditas kelapa, yaitu nata de coco dan selai kelapa.

”Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi mengenai manfaat hingga potensi produk untuk bisa dijual. Kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan produk nata de coco dan selai kelapa yang diikuti oleh masyarakat desa Batu Jaya dengan antusias. Selama proses pengolahan, dijelaskan pula mengenai hal-hal yang harus diperhatikan seperti kondisi steril selama fermentasi air kelapa agar bisa terbentuk nata de coco. Proses perebusan parutan kelapa untuk menjadi selai kelapa juga dipastikan harus selalu diaduk. Kedua produk tersebut berhasil diproduksi dimana nata de coco disantap dengan sirup dan selai kelapa disantap bersama biskuit. Kedua produk pun terlihat dinikmati oleh masyarakat” ucap Elisabeth Hanung Nayaka selaku koordinator program ini (30/12/2023).

Selain itu, tim KKN PPM UGM SG008 juga mengadakan penjualan produk minyak kelapa yang bisa meningkatkan nilai jual komoditas potensi desa. Kegiatan dilakukan dengan mengemas minyak kelapa menggunakan botol plastik. Logo kemasan juga dibuat agar identitas desa Batu Jaya terlihat. Proses produksi, pengemasan, pelabelan, hingga penentuan harga dilakukan oleh masyarakat desa Batu Jaya dengan semangat yang tinggi.

Kegiatan-kegiatan tersebut bermaksud untuk meningkatkan kreativitas masyarakat desa Batu Jaya dalam mengolah produk pangan lokal sehingga dapat menjadi bekal masyarakat dalam membuka sebuah unit usaha di desa Batu Jaya. Dengan adanya peran sumber daya manusia dalam mengembangkan potensi desa ini, maka diharapkan menjadi sarana pengembangan desa Batu Jaya lewat unit usaha tersebut.(AN)

Editor:NZ