NewsMetro

Kabag Umum Setda Kota Kendari Mendorong Program Optimalisasi Capaian Kinerja Pegawai Berbasis Inovasi Digital

123
×

Kabag Umum Setda Kota Kendari Mendorong Program Optimalisasi Capaian Kinerja Pegawai Berbasis Inovasi Digital

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Kapala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Kendari, Herry Ashak bentuk inovasi daerah guna mendorong program optimalisasi Capaian Kinerja Pegawai berbasis digital.

Program ini merupakan satu dari 16 inovasi daerah yang resmi diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Rabu (25/10/2023).

Inovasi ini dinamai dengan Optimalisasi Capaian Kinerja Pegawai, melalui Standar Operasional Pelayanan (SOP) dan Dokumentasi Berbasis Digital (Okemi SOP Dibagi).

Herry menyebut kehadiran sistem ini sangat penting dilingkup kerja pegawai pemerintah Kota Kendari, sehingga dapat meningkatkan kinerja khususnya para staf.

“Tujuannya untuk mempermudah teman-teman staf dalam menjalankan tugasnya,” jelasnya.

Terlebih menurutnya, Bagian Umum Setda Kendari memiliki peran yang terbilang penting. Meliputi administratif pemerintahan, sub bagian perlengkapan yang memfasilitasi setiap kegiatan dan sub bagian rumah tangga.

“Saya buat bagaimana SOP terkait dengan surat menyurat, bagaimana SOP menerima tamu, bagaimana SOP menerima kunjungan tamu,” ungkapnya.

Dari semua SOP tersebut Herry menjelaskan perlu diadakan dokumentasi. Sehingga memudahkan pegawai dalam menjalankan administrasi di pemerintahan.

Namun, program tersebut harus terlebih dahulu melalui serangkaian tahapan, misalnya dengan berkoordinasi bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendari.

“Untuk pengembangan kedepannya Insya Allah khususnya untuk pengembangan dokumentasi digital ini kita akan buat dalam aplikasi murni,” tutupnya*(NV).