NewsEkonomiMetro

Jelang Pergantian Tahun, Harga Sembako Melonjak Tinggi

134
×

Jelang Pergantian Tahun, Harga Sembako Melonjak Tinggi

Share this article

TERAMEDIA.ID, kendari- Harga sembilan bahan pokok (sembako) melonjak tinggi jelang pergantian tahun.

Berdasarkan pantauan di Pasar Baruga kota Kendari, Kamis (14/12), beberapa jenis sembako seperti bawang, telur, cabai, dan ayam mengalami kenaikan harga yang signifikan. Peningkatan harga ini menimbulkan kekhawatiran di sebagian kalangan masyarakat yang tengah mempersiapkan diri untuk merayakan pergantian tahun.

Rayana (28) salah seorang pedagang mengatakan harga telur saat ini naik hingga 60 Ribu rupiah per rak untuk telur jumbo sementara telur sedang dibanroll dengan harga 53 ribu rupiah per raknya.

“Harga normal telur per raknya itu 50 Ribu untuk telur jumbo, 47 Ribu untuk telur sedang, kenaikan harga telur ini di karnakan sudah dekat Natal atau tahun baru” Ujarnya

Ditempat yang sama  Bian (21) pedagang cabai dan bawang mengatakan  harga cabai sangat melonjak naik, harga cabai besar mulanya hanya 50 Ribu rupiah per kilonya naik menjadi 80 Ribu rupiah per kilogram, cabai kriting harga normal 50 ribu rupiah perkilo naik menjadi  80 Ribu perkilonya, cabai rawit harga normal 70 Ribu perkilogram naik menjadi 95 Ribu perkilonya, sedangkan harga bawang naik dari harga 25 Ribu rupiah per kilo ke harga 38 Ribu rupiah perkilo sedangkan bawang putih dari harga 25 Ribu rupiah perkilo naik hingga 40 Ribu rupiah perkilonya.

“Kenaikan harga cabai dan bawang melonjak di karenakan oleh cuaca kemarau panjang yang membuat produksi cabai dan bawang kurang. ” Ujarnya.

Adapun harga ayam di pasar tersebut menurun di karenakan produksi ayam saat ini meningkat. Ali (50) mengatakan harga ayam saat ini 65 Ribu untuk ukuran jumbo sementara untuk ukuran sedang 60 ribu rupiah per ekornya.

“Bulan lalu harga ayam sempat naik karena produksi ayam kurang, yang jumbo itu harganya 80 ribu sementara yang sedang itu 75 ribu perekornya” tuturnya. (RW)