NewsHukum & KriminalPolitik

Hadapi Pemilu 2024, Polda Sultra Gelar Latihan Sistem Pengamanan Kota

69
×

Hadapi Pemilu 2024, Polda Sultra Gelar Latihan Sistem Pengamanan Kota

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk mengantisipasi terjadinya konflik ketika pra-pemilu hingga pasca-pemilu di halaman apel Satbrimob Polda Sultra, Kamis (12/10/2023).

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto mengatakan, rangkaian adegan latihan Sispamkota didahului dari masa pendaftaran pasangan calon, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara (TPS), penghitungan suara, hingga rekapitulasi hasil pemungutan suara.

“Latihan ini dimaksudkan agar para petugas pelaksana pengamanan bisa memahami akan tugas dan fungsinya saat berada di lapangan,” kata Brigjen Pol Dwi Irianto.

Lanjutnya mengungkapkan, Dalam pelaksanaan pengamanan pemilu tersebut, Polda Sultra akan menyiapkan personil di tempat-tempat yang diprediksi terjadinya konflik atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Jumlah personil Polda Sultra dan jajaran yang diterjunkan mencapai 5.200 lebih yang akan disebar di tempat pemungutan suara dan rayon-rayon tertentu,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau, kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kondusivitas di wilayah Sultra dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Apapun pilihan masyarakat, walaupun berbeda, namun tetap bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam menyambut pesta demokrasi,” tandasnya*(DW)