NewsHeadlineMetro

Event Halo Sultra, PJ Gubernur Dorong Pemanfaatan Kuliner dan Budaya Lokal

1224
×

Event Halo Sultra, PJ Gubernur Dorong Pemanfaatan Kuliner dan Budaya Lokal

Share this article

 

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Event Halo Sultra tahun 2024 resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Gubernur, Andap Budhi Revianto di Ex MTQ Kendari, Sabtu (27/4/2024) malam.

Pembukaan tersebut dirangkaikan dengan malam ramah tamah Hari Ulang Tahun provinsi Sulawesi Tenggara ke 60 tahun dan penerimaan hadiah pemenang dari berbagi cabang lomba olahraga dan Kuliner.

Kegiatan dibuka langsung oleh PJ Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto bersama Sekda Sultra Asrun Lio, dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh ditandai dengan pemukulan Gong.

Dalam sambutannya, PJ Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan, usia 60 tahun adalah usia dewasa. Provinsi dengan julukan Bumi Anoa berada pada great atas, maka perlu untuk berinovasi agar menjadi pembeda dengan umur yang lalu.

Selanjutnya, mengenai perlunya data budaya, baik yang berwujud (tangible) dan tak berwujud (intangible) yang akan mengungkap potensi budaya di seluruh Sultra.

“Saya berharap penggalian dan pemanfaatan aset-aset budaya Sultra dapat menjadi kekuatan ekonomi Sultra,” kata Andap.

“Saya yakin, pertumbuhan ekonomi yang ditopang sumber daya budaya memiliki beberapa kelebihan.” Tambahnya

Kelebihan pertumbuhan ekonomi yang ditopang sumber daya budaya mampu menggerakkan ekonomi rakyat, sekaligus menguatkan karakter masyarakat di era digital dan percaturan ekonomi global.

“Di sisi lain, perkembangan industri yang berbasis budaya lebih berorientasi pada pemanfaatan lingkungan dengan bijak, tidak berorientasi pada eksploitasi lingkungan. Kebudayaan akan tumbuh subur ketika lingkungan hidup pun lestari.” jelasnya

Andap berharap dengan menggelar atraksi seni budaya Sultra pada perayaan ke-60 tahun Provinsi Sultra dapat menjadi ruang untuk konsolidasi informal unsur Pimpinan pemerintahan dan berbagai elemen masyarakat.

“Malam budaya ini semoga menjadi arena kita untuk berurun rembuk pemikiran untuk merumuskan langkah demi kemajuan dan kesejahteraan Sultra,” ungkapnya.

Pj Gubernur Sultra pun berharap, peluncuran Halo Sultra 2024 yang menampilkan atraksi seni budaya lokal menjadi agenda tetap festival budaya tahunan Pemprov Sultra.

Dalam pandangan Andap, festival budaya merupakan media promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Sultra di kancah nasional dan internasional.

“Melalui aktivitas kebudayaan yang dikemas dengan baik, saya yakin akan meningkatkan animo pergerakan wisatawan dalam dan luar negeri ke Sultra,” terangnya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut juga dilangsungkan penerimaan hadiah lomba olahraga antar OPD badminton, futsal, dan pemenang lomba Kuliner.

Kegiatan Halo Sultra bakal digelar dari 27-30 April 2024, dan setiap harinya bakal disuguhi dengan penampilan musik tradisional dan budaya asli Sultra. *(ST).