NewsMetro

Aneka Ragam Makanan Khas Kolaka Timur Disuguhkan Dalam Lomba Kuliner di Momen HUT ke-60 Sultra

55
×

Aneka Ragam Makanan Khas Kolaka Timur Disuguhkan Dalam Lomba Kuliner di Momen HUT ke-60 Sultra

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Aneka ragam makanan khas Kabupaten Kolaka Timur suguhkan dalam Lomba Kuliner Khas Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra), di Ruang Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Sabtu (27/4/2024).

Lomba ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Sultra yang dipusatkan di Kota Kendari.

Ketua TP. PKK Koltim, Hartini mengatakan makanan yang suguhkan berbahan dasar ikan air tawar yang kaya akan omega -3 serta protein kemudian sagu sebagai pengganti nasi dan sayur berbahan sadar rotan muda khas suku Tolaki.

“Kami di Kolaka Timur khususnya suku Tolaki itu inira biasa dikonsumsi, ada beberapa macam ada inira rotan, sagu dan kelapa seperti yang kita bawa hari ini dari rotan muda,” ungkap Hartini.

Selain itu terdapat juga olahan makanan dari ikan pari bernama bini-bini krispi, olahan ikan belut, ikan gabus, nasi merah organik dan batang pisang muda.

Menurutnya, olahan berbahan dasar ikan air tawar tak kalah enaknya dari makanan yang lainnya, terlebih Kolaka Timur merupakan daerah yang kaya akan flora maupun fauna yang bisa dimanfaatkan, sekaligus sebagai upaya pemerintah menekan stunting.

“Makannya kenap ikan gabus karena sangat bermanfaat, seperti lele dan belut omega-3 nya sangat tinggi untuk mengatasi stunting,” pungkasnya. (NV)