NewsHeadlineMetroPariwisata

10 DPC IHSA Resmi Terbentuk, diisi Figur Pengalaman Dunia Kepariwisataan

309
×

10 DPC IHSA Resmi Terbentuk, diisi Figur Pengalaman Dunia Kepariwisataan

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Indonesia Home Stay Association (IHSA) merupakan sebuah organisasi yang bergelut di lingkup Homestay hingga kepariwisataan lebih luas, salah satunya Desa Wisata.

Untuk mendukung kepariwisataan, kini IHSA tengah melebarkan sayap keorganisasiannya hingga ke wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara.

Ahmad Nizar selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IHSA Sulawesi tenggara mengungkapkan, saat ini sudah ada 10 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IHSA yang mewakili kabupaten dan kota di Sultra bergabung di bawah DPD IHSA Sultra.

“iya Alhamdulillah per hari ini sudah ada 10 DPC yang bergabung bersama kami di organisasi IHSA khususnya wilayah Sulawesi Tenggara. dan SK dari DPP juga sudah diterbitkan dan sudah kami teruskan ke pengurus masing-masing DPC,” ujar Ino sapaan akrabnya, pada Rabu (21/2/2024).

Ahmad Nizar melanjutkan, para pengurus DPC yang bergabung adalah orang-orang yang telah lama bergelut dengan dunia pariwisata, mulai pelaku usaha homestay sendiri, pegiat pariwisata, praktisi pariwisata, komunitas serta akademisi di dunia kepariwisataan.

“Para pengurus DPC yang bergabung bukan orang-orang baru didunia pariwisata mulai pelaku usaha homestay sendiri, penggiat pariwisata, praktisi pariwisata, hingga komunitas dan akademisi di dunia kepariwisataan,” terangnya.

‘Dan saat ini Saya bersama jajaran DPD IHSA Sultra terus melakukan konsolidasi terkait program kerja selama 5 tahun kedepan agar bisa seiring berjalan bersama DPC se-Sultra,” tambahnya.

Ahmad Nizar yang juga akrab disapa Ino ini menerangkan, target DPD IHSA Sultra yakni mendukung program pengembangan kepariwisataan baik di tingkat, kabupaten/kota Provinsi, hingga nasional.

“Target kami bagaimana bisa lebih mewarnai kepariwisataan sulawesi tenggara disatu sisi mendukung program pengembangan kepariwisataaan baik ditingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Disisi lain juga menjadi bagian lembaga kontrol atas pergerakan dan kebijakan yang mungkin tidak selaras dan berpihak secara positif kepada masyarakat dan lingkungan,” jelasnya.

Lebih lanjut ino menegaskan bahwa IHSA memang tidak hanya berfokus pada penguatan Homestay baik dari pengelolaan hingga pelayanan, namun lebih luas IHSA juga memikirkan dan berkontribusi terhadap bagaimana pengembangan produk wisata di sekitar Homestay serta aspek kepariwisataan lainnya. Namun tidak semua menjadi kewenangan mengingat sudah ada Asosiasi lain dengan kewenangan masing-masing.

“Jadi posisi IHSA kewenangan utama memang di penguatan Homestay dari segala aspek, namun akan riskan jika Homestaynya sudah bagus tapi tidak ada pengunjung yang mau mengisi homestay kan sama saja, sehingga IHSA mengambil peran untuk mensupport pergerakan kepariwisataan secara meluas disuatu wilayah baik strategi penguatan dan pengembangan kualitas SDM, pengelolaan produk wisata dan destinasi, hingga pemasaran sekalipun,” bebernya.

“Namun IHSA sebagai supporting, bukan kewenangan utama, karena IHSA juga pasti akan berkolaborasi dengan Asosiasi Pariwisata lainnya, hingga kekuatan pentahelix pariwisata di setiap wilayah dimana IHSA akan bergerak. Ihsa memiliki program Utama yaitu Database, Digitalisasi dan Desa Wisata dan tahun ini sesuai hasil Rapimnas IHSA Nasional mengusung tema Pariwisata Hijau berbasis Homestay di Desa Wisata,” Tutup ino.

Sebagai informasi, berikut nama pengurus DPC IHSA se-Sultra :

1. DPC IHSA KOTA KENDARI (Ketua : Muh. aswad laembo, S.E.. Sekretaris : guridno petrus mangalla. Bendhara; Agung Tri Asmoro, S.Si).

2. DPC IHSA KONAWE (Ketua; Drs Habib Nadjar Buduha. Sekretaris; Riskan. Bendahara;Sri Mauliani).

3. DPC IHSA KONAWE UTARA (Ketua; Muhammad Ahsan, S.Pd. Sekretaris; Haryono, ST. Bendahara;Ismail).

4. DPC IHSA KONAWE SELATAN (Ketua; Isran. Sekretaris; Peti Pebriani. Bendahara;Elsa).

5. DPC KOLAKA UTARA (Ketua; Muhammad Tahir. Sekretaris; Safruddin, S.Pd. Bendahara;Agustina, S.Pd).

6. DPC BUTON UTARA (Ketua; Aswin Syafiuddin, S.E. Sekretaris; La Ode Arya Dwi Naldi. Bendahara;Nenny Darniasari).

7. DPC BUTON TENGAH ( Ketua; Aditya Purwanto Sadif. Sekretaris; La Ode Abd Samad. B. Bendahara;Intan Silfina).

8. DPC KOTA BAU BAU ( Ketua; Muh. Yunan. Sekretaris; Ardan Rezkiansyah. Bendahara;Ifa Sufiani Tauhid).

9. DPC BUTON ( Ketua; Andini Claudia. Sekretaris; Indrawati. Bendahara;La Ode Muhammad Al Sharif).

10. DPC WAKATOBI ( Ketua; Sariono, S.Pd. Sekretaris; Wa Ode Hadiati, A.MA. Bendahara; Jaurana).

*(ST).

Editor:NZ